Deteksi Penyakit Bisa Dilakukan Mandiri


Jumat, 05 Juni 2015 - 15:56:26 WIB
Deteksi Penyakit Bisa Dilakukan Mandiri

Karena kemudahan yang ada, dan disertai dukungan alat canggih, mendeteksi penyakit tertentu memang sudah bisa dilakukan dengan mandiri, dengan kata lain tak harus melibatkan medis.

Baca Juga : Banyak Remaja Akses Situs Porno, Efeknya Ternyata Merugikan pada Otak

Hal ini diyakini oleh pemilik  PT Citra Medika Mandiri, distributor alat kesehatan untuk wilayah Sumbar dan  Jambi, Harlen (49). Menurut dia, PT Citra Medika Mandiri yang telah menjadi penyalur alat ke­sehatan sejak tahun 2008 lalu tersebut, sekarang se­jum­lah penyakit memang sudah bisa dideteksi  lang­sung oleh si pemilik tubuh dengan bantuan teknologi kesehatan terbaru.  Alat-alat tersebut biasanya disediakan di PT Citra Medika Mandiri.

“Diantaranya, untuk me­ngukur tensi darah yang kerap naik turun seseorang bisa menggunakan alat ukur tensi digital. Kelebihan alat ini adalah, selain bisa me­ngu­kur tekanan darah ia juga bisa digunakan mengukur detak jantung pasien yang bermasalah,” papar Harlen saat ditemui di kantornya, Kamis (4/6).

Baca Juga : Percepat Kesembuhan Pasien, Posko BLC Salurkan Bantuan 15 Kg Madu ke RSKI Galang

Selanjutnya ada juga alat pengukur suhu tubuh digital. Ini bisa dimanfaatkan untuk mengukur suhu tubuh Anda atau anak-anak yang berada pada kondisi kurang sehat. Cara penggunaannya ter­golong mudah, cukup di­tem­pel di kening. Setelah itu alat akan menunjukkan berapa panas dari suhu tubuh yang diperiksa.

Lebih lanjut, Harlen me­nga­takan, selain dua alat yang disebut tadi beberapa alat lain yang bisa di­man­faat­k­an masyarakat umum untuk memeriksa kesehatan sendiri, diantaranya lampu terapi yang bisa digunakan untuk mempelancar pe­re­daran darah, autocheck un­tuk memeriksa kadar gula dalam darah, dan beberapa yang lain.

Terkait alat-alat ke­se­ha­tan dengan teknologi terbaru ini, Harlen juga menyebut alat-alat tersebut biasanya ber­manfaat untuk mem­bantu masyarakat menge­tahui de­ngan cepat penyakit yang diderita. Selain itu pada pen­yakit-penyakit tertentu, se­ba­gai contoh lampu terapi bisa digunakan untuk mem­bantu pemulihan kesehatan seperti mempelancar aliran darah yang telah disebutkan tadi.

“Namun jika sakit yang diderita masuk kategori yang berat, masyarakat ten­tu­nya tetap membutuhkan tenaga medis,” pungkas Harlen. (h/leni marlina)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]