Musim Mudik dan Musim Perbaikan Jalan


Jumat, 05 Juni 2015 - 16:15:39 WIB
Musim Mudik dan Musim Perbaikan Jalan

 

Setiap tahun menjelang lebaran, selalu saja ada in­fra­s­truktur jalan yang perlu diperbaiki. Seolah, kualitas pengaspalan dan ketahanan jalan hanya cukup untuk satu tahun. Padahal jalan-jalan negara seperti jalur mudik yang biasa dilalui masya­rakat pengguna jalan, semestinya tahan bertahun-tahun.

Baca Juga : Iedul Fithri: Geliat Ekonomi, Momentum Keluar Resesi

Nampak sekali bagian pengawasan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) baik ditingkat pusat maupun dae­rah, tidak berfungsi se­bagai­mana mestinya. Setali tiga uang, para pejabat PU dan pemerintah daerah, seperti tak memiliki sensitifitas yang tinggi atas fenomena buruk tersebut.

Tentu sangat di­sayang­kan, jika rutinitas pem­be­nahan dan perbaikan ter­hadap infrastruktur jalan menjelang lebaran dan mu­dik, seolah menjadi ke­biasa­an (buruk) yang mem­fe­nomena di negeri ini, setiap tahun. Semestinya, bagian pengawasan diberdayakan maksimal, sehingga kualitas jalan tidak hanya tahan atau sekedar melayani ke­bu­tu­han untuk satu tahun saja.

Baca Juga : Pembangunan dan Keadilan bagi Padagang Kaki Lima

Jika bagian pengawasan dan pejabat terkait turun ke jalan untuk melakukan pe­ne­litian dan pengawasan secara saksama, maka dapat dipastikan jalan-jalan raya kita tidak akan selalu setiap tahun harus dibenahi.

Fungsi pengawasan wajib diperkuat dan menjadi an­dalan bagian PU dan bagian terkait, agar jalan-jalan uta­ma khususnya yang dilalui pemudik selalu dalam ke­a­da­an prima. Sehingga, di­harap­kan tidak ada lagi keluhan atas kualitas infras­truktur jalan, baik jelang maupun di setiap momentum mudik lebaran. Semoga. (**)

 

Tim Peliput:
RYAN SYAIR, ISRA HERMANTO, DEDI SALIM

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]