Berfikir dan Berbuat Nyata untuk Almamater


Jumat, 05 Juni 2015 - 16:21:43 WIB
Berfikir dan Berbuat Nyata untuk Almamater

Menurut mereka lebih baik alumni berpikir untuk memajukan sarana prasa­rana sekolah dengan me­nyum­bang, dari pada me­min­ta pungutan kepada wali murid.

Baca Juga : Penginapan di Pantai Anyer 

Apalagi, Kota Pa­dang sudah memprog­ram­kan pendidikan gratis dari SD hingga SMA. Jika ini bisa dijalankan oleh Pemko Padang dan kepala sekolah, maka sarana prasana sekolah tidak memberatkan peme­rintah dan wali murid.

Ini sudah dibuktikan oleh alumni SMA N 2 Pa­dang. Walaupun hanya satu angkatan yakni angkatan 1982 bisa menyumbang se­buah aula di SMA N 2 Pa­dang. Menurut Ketua Pa­nitia Alumni SMA N 2 Pa­dang Muasri mengatakan, kegiatan ini bisa terlaksana jika komunikasi antar alum­ni bisa terwujud.

Baca Juga : Kajur Teknik Sipil PNP Sebut Kampus Merdeka Mendobrak Tembok Antar Disiplin Keilmuan

"Yang lebih penting ke­pa­la sekolah harus bisa men­jaga komunikasi dengan alumni. Jika sudah dila­kukan maka pungutan yang memberatkan wali murid bisa dihindari," urai Muasri alumni SMA N 2 Padang yang saat ini Kepala Taman Budaya Sumbar.

Ia menambahkan, alum­ni angkatan 1982 SMA 2 Padang itu berhasil me­nyum­bang untuk alma­ma­ternya senilai Rp400 juta. Tidak hanya itu saja, untuk mempererat hubungan antar teman yang sudah berpisah sampai 32 tahun ada rang­kaian kegiatan silaturahmi yang mereka lakukan.

Baca Juga : Yah.., Beginilah Prostitusi Online di Kota Pekanbaru

"Kegiatan kami, dalam mempererat tali silaturahmi antara alumni dengan seko­lah, kami  juga mengunjungi adik-adik kelas, guru di sekolah dan melihat progres pembangunan aula yang ka­mi  sumbangkan itu," papar Muasri.

Ia berharap, jika semua sekolah bisa berpikiran un­tuk membantu almama­ter­nya maka sekolah gratis Kota Padang tidak akan dibumbui dengan sum­ba­ngan kepada wali murid lagi.

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

"Kami bukan menyom­bongkan diri, tapi kami ingin alumni bisa berpikir dan berbuat untuk al mamaternya," ucap­nya.

Ia menekankan, silahkan adik-adik di SMA N 2 Pa­dang untuk membuat prog­ram kerja selama setahun dan koordinasikan dengan alumni. Namun, OSIS serta kepala sekolah harus bisa berkomunikasi dengan baik antar alumni.

"Sehingga apa kegiatan adik-adik melalui OSIS di sekolah koordinasikan de­ngan kami para alumni. Kalau tidak bisa membantu satu alumni yang lainnya kan ada yang cukup sukses. Ko­munikasi yang baik kalau terjaga saya rasa ini tidak akan mustahil,"tutupnya.***

 

Laporan:
OSNIWATI

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]