Dandim 0307 Beri Pengayaan untuk Warga Binaan


Jumat, 05 Juni 2015 - 19:06:28 WIB
Dandim 0307 Beri Pengayaan untuk Warga Binaan

“Perwujutan bela negara tidak selalu dengan senjata atau militerisasi, namun juga harus dilakukan sesuai ke­mam­puan masing-masing. Seperti dituangkan dalam undang-undang nomor 23 tahun 2002, pasal 9 ayat 2, keikutsertaan bisa diwu­judkan di antaranya melalui pendidikan dan profesi,” sebut Dandim di hadapan 74 warga binaan.

Baca Juga : Tekan Penyebaran Covid-19 di Padang Panjang, WBP Silaturahmi Online saat Lebaran

Menjaga dan pembelaan akan  tanah air juga dilaku­kan dengan cara membe­rikan pendidikan dan arahan yang baik terhadap anak sebagai regenerasi bangsa.

“Subsatansi bela negara secara umum digambarkan dengan  kesiapan fisik yang sehat lahir batin. Menja­dikan kebersamaan sebagai bagian kehidupan lingkungan, juga merupakan salah satu ben­tuk peran serta dalam bela negara. Yakni menjaga kesa­tuan bernegara,” tutur Bagus didampingi Danramil 01 Padang Panjang, Kapten Inf Syafrialis.

Baca Juga : Ombudsman Sebut Masih Banyak Pelanggar Prokes di Sumbar

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Padang Panjang, Surakhmat menyebutkan, wawasan kebangsaan yang diberikan Kodim 0307 Ta­nah Datar besar manfaatnya dalam pembentukan mental serta karakter warga binaan yang akan kembali ke tengah masyarakat.

“Pembinaan yang diberi­kan di rutan, merupakan salah satu upaya mengan­tisipasi keputusasaan warga binaan setelah menerima sangsi dari kesalahan yang pernah dilakukan. Penga­yaan wawasan kebangsaan oleh Kodim ini  pertama kali diberikan terhadap warga binaan, I Rutan Padang Pan­jang,” ujar Surakhmat. (h/one)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]