Tata Kelola Perkotaan Bukittinggi Dinilai Amburadul


Jumat, 05 Juni 2015 - 19:10:23 WIB

“Dalam aturannya, pela­yanan masyarakat harus bersifat segera dan paling lama harus tuntas dalam jangka waktu dua minggu. Namun faktanya, masih ba­nyak masyarakat yang harus menunggu berbulan-bulan. Ini, kan tidak benar. Contoh, jika ada masyarakat yang mengurus perizinan, jika berkasnya lengkap, maka paling lama harus tuntas dalam dua minggu, bukan harus menunggu berbulan-bulan,” tutur Zul Ifkar Ra­him.

Selain itu, Zul Ifkar Ra­him juga menilai, masing-masing SKPD sangat lemah dalam fungsi koordinasi. Menurutnya, kondisi ter­sebut banyak dialami warga yang ingin mengurus sesuatu dengan melibatkan banyak SKPD. Tapi akhirnya warga selalu kebingungan karena masing-masing SKPD me­miliki persepsi yang berbeda dan tidak saling berko­or­dinasi.

“Kalau saya lihat, mere­ka seolah-olah bekerja sen­diri tanpa bisa bekerjasama. Misalnya tata kota tidak bisa berkoordinasi dengan baik kepada Dinas Perhubungan, dengan KPP, dengan Satpol PP, begitu sebaliknya, se­hingga membuat masyarakat bingung dan membuat alter­natif sendiri untuk mela­kukan suatu tindakan. Akhir­nya, masalahpun bermunculan,” tutur Zul Ifkar Rahim.

Ia juga menilai, peme­rintah lebih cenderung mem­buat dan menjalankan aturan bagi masyarakat, se­men­tara aturan itu seolah-olah tidak berlaku bagi pemerintah itu sendiri.

Ia mencontohkan, da­lam Per­da Tata Ruang yang dibuat pemerintah telah diatur untuk tidak menggali sumur di sumber sumur dalam.

Tapi faktanya, lanjut Zul Ifkar Rahim, pemerintah Bukittinggi malah me­lang­gar aturan yang dibuatnya sendiri dengan menggali sumur di sumber sumur yang dalam.

“Kecenderungan peme­rintah di Bukittinggi tidak melakukan kajian sebelum membuat kebijakan dan atu­ran, sehingga banyak aturan yang dibuat tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ini­kan, ibaratnya ingin menyel­esaikan masalah, tapi secara tidak langsung memun­cul­kan masalah baru,” tambah Zul Ifkar Rahim. (h/wan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]