Nasrul Abit Hanya Pilih Gerindra


Jumat, 05 Juni 2015 - 19:16:27 WIB

Bupati dua periode ter­sebut juga mengatakan bah­wa, ia mengaku tidak mau dianggap terlalu ambisius  dalam langkah karirnya, sehingga hanya memilih berkarir dari bawah dulu dengan memilih menjadi wakil.  Ia juga bercerita, bahwa berdasarkan sejarah hidupnya dia memang tidak pernah langsung men­calon­kan diri sebagai kepala. Seperti karir politiknya di Pessel dia mencalon sebagai wakil bupati dulu, pada periode berikutnya naik menjadi bupati dua periode berturut-turut.

Selanjutnya Nasrul Abit menyebutkan, dia siap mem­­bangun Sumbar lima tahun ke depan. Agenda yang bakal diusungnya dise­laraskan dengan agenda na­sio­nal dan memadukan de­ngan potensi lokal.

“Misalnya menge­lu­ar­kan sejumlah kabupaten dari status tertinggal, me­ning­katkan produksi per­tanian, meningkatkan mutu lulusan sekolah, menggenjot pariwisata dan juga bidang maritim,” katanya.

Lebih lanjut ia menga­takan, sembari membangun komunikasi intensif dengan par­pol, pihaknya juga me­lakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat perantau yang tergabung di Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS).

Sejumlah tokoh masya­rakat di Pessel telah menya­takan dukungan untuk Nas­rul Abit maju pada Pilgub 2015. Seperti Syahbunan Rici, yang menyebutkan, sesuai aspirasi yang ber­kembang di tengah-tengah masyarakat, sosok Nasrul Abit pantas untuk memim­pin Sumatera Barat men­dampingi Irwan Prayitno.

“Nasrul Abit sudah tiga periode memimpin Pessel, dari wakil bupati saat men­dampingi Darizal Basir, hingga dua periode menjadi bupati, tentu menjadi modal karena pengalamannya,” ujar Syahbunan.

Syahbunan me­nguraikan se­jum­lah prestasi dan ca­paian yang sudah dilakukan putra Air Haji itu, dian­taranya berhasil mengen­taskan buta aksara, ber­kem­bangnya sektor pertanian dan peternakan secara masif dan Pessel bukan  lagi da­erah lumbung kemiskinan.

“Pendidikan sudah di­nik­mati oleh seluruh lapisan masyarakat, karena ada pro­gram pendidikan gratis, ada beda rumah untuk warga yang betul-betul tidak mam­pu, dan beragam prestasi yang beruntaian. Tahun 2006 semua anak usia seko­lah wajib untuk sekolah, alhamdulillah semua itu sudah berhasil diwujudkan,” ujarnya.

Menurutnya, semula saat ajakan untuk bersekolah itu dikeluarkan justru men­dapat sinisme tidak saja dari orang tua yang anaknya wajib bersokolah, tetapi juga dari berbagai pihak yang mengganggap langkah ter­sebut tidak lazim.

“Nasrul Abit membuat program biaya sekolah gra­tis, bagi yang betul-betul tidak mampu dibantu pa­kai­an­nya serta buku, bagaimana agar mereka tertarik untuk be­lajar,” ungkapnya.

Sekjen DPP Gema Pes­sel Bakhtiar Effendi melalui ponselnya di Medan Suma­tera Utara menyebutkan, Nasrul Abit sudah layak maju ke Sumbar. Pessel se­cara keseluruhan di Sumbar memiliki kekuatan politik luar biasa. Di Pessel sendiri jumlah pemilih mencapai 300 ribu orang, sementara di 18 kabupaten kota lainnya terdapat 200 ribu warga Pessel yang tergabung dalam IKPS.

“Ini kekuatan luar biasa untuk memberikan duku­ngan pada Nasrul Abit. Ini kali pertamanya anak Pesisir Selatan maju pada Pilgub,” katanya.

Kedatangan Nasrul Abit ini disambut Ketua Panitia Seleksi Gubernur/Wakil Gubernur Zulkifli Jailani dan sejumlah pengurus.

Zulkifli Jailani me­nga­takan, Gerindra Sum­bar memiliki tugas untuk mene­rima pendaftaran calon gu­ber­nur dan wakil gubernur. Maka pihaknya mengu­cap­kan teri­makasih atas keper­cayaan Bupati Pes­sel kepada partai besu­tan Prabowo tersebut. Par­­­­tai Gerindra menjadi pa­rtai kedua peraih su­ara ter­banyak di Sumatera Ba­rat dengan mem­pero­leh 8 kursi di DPRD Sum­bar. Untuk bisa me­ngu­sung satu pasang calon yang mem­butuhkan mini­mal 13 kursi, Gerindra ha­rus berkoalisi dengan par­tai lain. Saat ini, Ge­rin­­dra disebut bakal ber­ko­alisi dengan PKS yang me­miliki 7 kursi di DP­RD Sumbar. (h/har/mg-rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]