Festival Teluk Bayur Masuk Kalender Pariwisata


Jumat, 05 Juni 2015 - 19:34:33 WIB
Festival Teluk Bayur  Masuk Kalender Pariwisata

“Tidak ada yang tidak tahu dengan pelabuhan Teluk Bayur. Hampir orang yang mengenal Minang ini kenal dengan pelabuhan Teluk Bayur. Apalagi saat ini gejolak ekonomi semakin bagus di Teluk Bayur,” papar Muslim Kasim. Ia menambahkan, melalui kegiatan Festival Teluk Bayus ini geliat ekonomi semakin maju dan di pelabuhan Teluk Bayur bisa menjadi pusat ekspor hasil bumi di Sumatera.  “Kalau bisa menjadi pelabuhan utama. Selain itu bisa juga menjadi tujuan wisata karena mengandung sejarah,” paparnya.

Baca Juga : Dinkes Kota Padang Sediakan Tempat Isolasi Guna Antisipasi Lonjakan Kasus Pasca Lebaran

Festival Lagu Teluk Bayur III ini berlangsung tanggal 4-6 Juni dengan tema melalui festival lagu Teluk Bayur III kita lestarikan sejarah, budaya serta pesona keindahan pelabuhan Teluk Bayur . Ketua Hikasmi Sumbar Syamsurizal menjelaskan sejauh ini perhatian pemerintah terhadap kemajuan teluk bayur memang belum begitu serius. Sehingga pihaknya harus menyampaikan apa yang menjadi keinginan Hikasmi melalui Festival Teluk Bayur tersebut.

“Festival Siti Nurbaya saja dijadikan sebagai kalender pariwisata. Kenapa Festival Lagu Teluk Bayur ini tidak kita jadikan sebagai kalender pariwisata,” terang Syamsurizal. Ia menekankan, dalam festival tersebut bukan hanya lagu Teluk Bayur saja yang didengungkan. Namun, sejarah orang Minangkabau yang suka merantau tidak terlepas dari peran pelabuhan Teluk Bayur.

Baca Juga : Padang Aktifkan Kembali Kampung Nelayan untuk Tempat Karantina Covid-19

“Teluk Bayur ini sejarah karena mengisahkan perpisahan. Potensi ekonomi karena pelabuhan serta Teluk bayur ini juga ada 12 lagu yang mengisahkan  perpisahan teluk bayur,”pungkasnya.

Pada festival yang ke 3 ini peserta cukup banyak yakni mencapai 150 peserta dengan lagu wajib lagu teluk bayur dan lagu minang lainnya. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]