Rekomendasi DPP PAN Belum Turun


Ahad, 07 Juni 2015 - 20:26:07 WIB
Rekomendasi DPP PAN Belum Turun

“Berkemungkinan ke­putusannya turun pada Juni ini atau Juli nanti,” ujarnya saat dihubungi Haluan me­­lalui sambungan telepon di Padang, Minggu (7/6).

Baca Juga : Selama Larangan Mudik, Sebanyak 300 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Sumbar

Sejauh ini, pihaknya baru mengusulkan dua pasangan ke DPP PAN. Dua pasangan tersebut adalah Muzni Za­karia (bupati Solsel)-Abdul Rahman (wakil bupati Sol­sel) dan Khairunas (ketua DPRD Solsel)-Edi Susanto (wakil ketua DPRD Solsel). Kader PAN dalam dua pa­sangan ini berada di posisi bakal calon wakil bupati.

Pihaknya berharap, ka­der PAN di Solsel menjadi bakal calon bupati, karena perolehan kursi PAN di DP­RD Solsel berada di urutan nomor dua terbanyak, yakni 4 kursi. Selain itu, juga kare­na kader PAN merupakan incumbent (petahana) di Pemerintah Kabupaten Sol­sel saat ini.

Baca Juga : Dibangun dalam Waktu Sangat Singkat, Masjid Ihsan Sungai Patai Sudah Dibuka

Mengenai saling klaim antara dua kubu di internal DPD PAN Solsel, yakni ku­bu pendukung Edi Susanto dan kubu pendukung Abdul Rahman, kata Herman Dja­mal, hal itu tak perlu terjadi karena menimbulkan dam­pak buruk.

Dampaknya, kata Her­man Djamal, kader bingung terhadap pimpinan DPD PAN Solsel. Kemudian, ka­der jadi terpecah belah. Se­men­tara itu, dampak buruk yang paling ditakutkan oleh Herman Djamal adalah dam­­­pak terhadap eksternal partai, yakni masyarakat. Menurtnya, pertentangan yang terjadi di DPD PAN Solsel dapat mengakibatkan masyarakat yang merupakan calon pemilih, hilang sim­pati terhadap bakal calon kepala daerah dari PAN dan beralih ke pasangan lain.

Di sisi lain, Herman Dja­mal menyampaikan, DPP PAN belum menyatakan penutupan pendaftaran ba­kal calon kepada daerah yang akan diusung oleh PAN. Hingga saat ini, pihaknya tetap menerima siapa yang akan mendaftar ke PAN untuk menjadi bakal calon kepala daerah.

“Kami belum men­da­patkan informasi kapan pendaftaran bakal calon kepala daerah dari PAN akan ditutup. Yang jelas, sebelum informasi ditu­tupnya jadwal pendaftaran itu turun dari DPP, kami akan tetap membuka pen­daftaran menjelang ditutup­nya pendaftaran bakal calon kepala daerah ke KPU,” jelasnya.  Ia menambahkan, pihak­nya telah mengajukan pasa­ngan bakal calon kepala daerah di 13 DPD PANdi Sumbar, ke DPP PAN.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD PAN Solsel Bi­dang Pemenangan Pemilu, Edi Murni mengatakan, ada beberapa kader yang tidak lagi aktif tetapi menyebarkan isu yang merusak harmo­nisasi dalam tubuh partai. Pihaknya mengharapakan, kader yang tidak aktif itu tidak lagi menyebarkan isu yang tidak jelas.

“Kami juga berharap kader yang sudah keluar tidak lagi berkomentar dan tidak lagi mencampuri uru­san PAN,” ujarnya di Padang Aro, Rabu (3/6).

Ia mengatakan, PAN inginkan pemilihan kepala daerah di Solsel berjalan lancar serta berwibawa dan tidak ada manuver politik yang tidak diperbolehkan.

PAN, katanya, mengajak masyarakat berpikir cerdas dan bijaksana agr Pilkada di Solsel berkualitas.

Selama masa pen­daf­taran, kata Edi Murni, ada empat kandidat yang men­daftar di PAN Solsel, yaitu Muzni Zakaria dan Khai­runas sebagai bupati dan Ab­dul Rahman serta Edi Su­santo sebagai wakil bupati.

Hal ini, katanya, karena petahana sudah berbuat untuk masyarakat dan ting­gal melanjutkannya lima tahun kedepan.

Semua kandidat yang mendaftar, katanya, sudah diserahkan ke DPW dan DPP dan hingga kini belum ada rekomendasi dari DPP siapa yang akan didukung.

Ia mengatakan, semua kader PAN sepakat untuk mendukung petahana untuk maju dalam pilkada 2015 tetapi sekarang masih me­nunggu rekomendasi.

“Kami berharap DPP tidak salah mengeluarkan rekomendasi dan apapun yang mereka reko­men­dasi­kan kami hargai,” jelasnya.

Dalam catatan Haluan, masalah di internal DPD PAN Solsel bermula saat mencuatnya isu bahwa DPP PAN mengeluarkan reko­mendasi terhadap pasangan Khairunas-Edi Susanto un­tuk maju sebagai bakal ca­lon kepala daerah yang di­usung PAN. Sementara pasa­ngan Muzni Zakaria-Abdul Rahman tidak disetujui oleh DPP PAN, karena kader PAN ingin Abdul Rahman maju sebagai bakal calon bupati, bukan bakal calon wakil bupati.

Isu tersebut berhasil me­mengaruhi kader-kader di DPD PAN Solsel, sehingga menimbulkan silang pen­dapat. (h/dib/ans)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]