Ratusan Hama Kera Serang Perkebunan Masyarakat


Ahad, 07 Juni 2015 - 20:31:28 WIB

Salah seorang tokoh mas­ya­rakat setempat, Syaiful Makmur Minggu (7/6) me­nga­takan, setelah dibasmi pada tahun lalu kawanan kera semakin mengganas me­nye­rang perkebunan dan rumah masyarakat ak­hir-akhir ini. Jika keadaan tersebut di­biarkan cukup lama, dikha­watirkan akan semakin meru­gikan masyarakat.

Menurutnya, saat ini per­wakilan dari masyarakat juga tengah berupaya men­carikan jalan agar hama tersebut tidak semakin men­jadi-jadi. Salah satunya, berkoordinasi dengan Pem­da dan Perbakin Agam un­tuk melakukan pembe­ranta­san hama kera secara ber­sama-sama.

“Apabila dibiarkan saja perkebunan masyarakat yang terdiri dari  kebun pisang, ubi, dan sejenisnya bakal rusak. Kami berharap, Pem­kab Agam dan Perbakin Agam kembali menggelar berburu bersama seperti tahun lalu karena masyarakat sangat membutuhkan,” katanya.

Salah seorang masya­rakat Padang Tarok, Helmi, mengaku, akibat mengga­nasnya hama kera sebagian besar hasil kebunnya sudah rusak dan tidak bisa dipanen.

“Mengganasnya hama kera di Padang Tarok sudah sangat mengkhawatirkan dan sudah sangat mere­sahkan. Masyarakat sudah kewalahan dengan ulah ha­ma kera tersebut,” jelasnya.

Sementara itu salah se­orang pengurus Perbakin Kabupaten Agam, Yuspidar mengatakan, Perbakin Agam siap membantu jika ada surat perhomonan dari masyarakat yang masuk. Masyarakat Padang Tarok dipersilahkan melayangkan surat ke Per­bakin Agam agar Perbakin Agam bisa men­jadwalkan untuk berburu membantu masyarakat. (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]