Lalai, Petugas Keur Bisa Dipidana


Ahad, 07 Juni 2015 - 20:40:08 WIB
Lalai, Petugas Keur Bisa Dipidana

“Apalagi transportasi darat. Semua masyarakat sangat tergantung dan mem­butuhkannya,” jelas Amran.

Baca Juga : Gelombang Tinggi, Nelayan di Padang Bisa Habiskan Waktu 12 Jam Mencari Ikan

Ia menambahkan, sei­ring perkembangan zaman, tentunya masyarakat juga menginginkan transportasi untuk dikelola dengan baik. Hingga dapat menciptakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

“Untuk menjawab tanta­ngan tersebut, kuncinya adalah profesional pada tugas dan pekerjaan yang kita lakukan,” tegasnya.

Baca Juga : Hendri Septa Resmikan Bedah Rumah Bantuan Perumda Air Minum di Intake Guo Kuranji

Amran menekankan, tu­gas dan pekerjaan sebagai penguji kendaraan bermotor tidak mudah. Karena pe­tugas itulah yang akan me­nen­tukan laik atau tidaknya suatu ken­daraan bermotor di jalan.

Tugas tersebut mem­punyai tanggungjawab yang sangat besar karena berkai­tan erat dengan keselamatan penumpang di jalan.

“Apalagi kalau yang diuji kendaraan angkutan penum­pang yang memerlukan kete­li­tian. Jangan sekali-kali me­nyim­pang dari prosedur dan aturan yang ada,” sebutnya lagi.

Sudah ada beberapa con­toh dan kejadian yang dapat dijadikan pembelajaran se­per­ti kejadian terbakarnya bus penumpang umum PO Yanti dan PO Familly Raya yang menyebabkan koran tewas terpanggang.

“Jika menyimpang, petugas bisa diseret keranah hukum,” tegas Amran.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Bidang Teknik Sarana Kese­lamatan Angkutan Darat, Dedi Diantolani menje­las­kan, jumlah peserta yang ikut dalam rapat koordinasi ter­se­but mencapai 50 orang se-Sumbar.

Semuanya adalah kepala seksi dan Kepala UPTD penguji kendaraan ber­mo­tor.

“Ini sengaja kita adakan. Karena penguji kendaraan bermotor memiliki tugas yang penting dalam menya­takan bahwa kendaraan ter­se­but laik atau tidak untuk beroperasi,” tandasnya.

Kemudian kata Dedi ra­pat koordinasi teknis pengu­­ji kendaraan bermo­tor ini menjadi wadah untuk saling memberi informasi dan me­me­cahkan perma­salah yang dihadapi dalam melaksa­nakan tugas sehari-hari.

“Tentunya kita ber­harap dengan adanya kegiatan se­perti ini akan menjadikan para penguji kendaraan ber­motor di Sumbar agar pro­fesional,” tutup Dedi. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]