UNP Akan Pecat Pegawai Gunakan Ijazah Palsu


Ahad, 07 Juni 2015 - 20:40:56 WIB

“Pegawai kita tidak ha­nya berasal dari UNP, na­mun banyak juga yang bera­sal dari luar UNP. Maka kita akan lakukan pendataan dan pemriksaan ijazah,” ung­kapnya.

Nanti apabila terbukti ada yang ‘bermain’, kata Yanuar, akan langsung dike­luarkan dari UNP, karena tidak dispensasi bagi pe­langgar. “Kalau terbukti akan langsung kita pecat, tidak ada toleransi,” te­gasnya.

Meskipun begitu, Ya­nuar tetap berkeyakinan bahwa tidak ada pegawai UNP yang menggunakan ijazah palsu karena untuk seleksi masuk ke UNP saja sudah sangat ketat.

“Sangat tipis kemung­kinan ijazah palsu ini, tapi kita tidak bisa langsung mengatakan kita bersih dari hal ini. Makanya kita akan periksa lagi,” tandasnya.

Terkait dengan surat ara­han dari kementerian untuk melakukan  pemeriksaan ijazah, dikatakan Yanuar, UNP belum menerimanya sampai saat ini.

“Meski belum ada surat, kita akan lakukan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Yanuar juga mengimbau agar tidak ada yang bermain dengan ijazah palsu ini kare­na sanksinya bisa dengan tuntutan pidana. “Jangan main-main dengan ini, bisa dipidanakan,” tuturnya.

Sebelumnya, langkah yang sama juga telah dila­kukan di lingkungan Pem­prov Sum­bar. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno me­ne­gaskan, jika dalam pe­meriksaan ulang ijazah, ternyata ditemukan pegawai yang menggunakan ijazah palsu, maka pegawai ber­sangkutan akan diberikan sanksi.

“Sanksinya dapat be­rupa penurunan pangkat atau pun golongan. Selain itu, ber­kemungkinan diancam hu­kuman pidana karena penggunaan ijazah palsu tergolong tindakan peni­puan,” tegas Irwan. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 01:56:11 WIB

    UNP Luncurkan 50 Buku Bahan Ajar

    UNP Luncurkan 50 Buku Bahan Ajar PADANG, HALUAN — Universitas Negeri Padang (UNP) meluncurkan 50 buku program rekonstruksi bahan ajar. Dimana 44 buku yang dibertikan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dan enam lainnya dibiayai UNP..
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:23:39 WIB

    UNP Sambut Baik Kenaikan Beasiswa Bidikmisi

    PADANG, HALUAN — Ke­menterian Riset, Tek­nol­ogi dan Pendidikan Tinggi (Ke­m­ris­tekdikti) berencana m­enaikkan biaya hidup ma­ha­siswa Bidikmisi sebanyak Rp50 ribu sehingga menjadi Rp650 per bulan. Kebijakan itu m.
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:28:21 WIB
    GENJOT MINAT PENELITIAN

    UNP Siapkan Dana Penelitian Hingga 30 Miliar

    PADANG, HALUAN — Tahun depan Universitas Negeri Padang (UNP) akan meningkatkan anggaran dana penelitian menjadi 15 persen. Hal itu dilakukan untuk mendorong dosen supaya aktif melakukan penelitian..
  • Senin, 14 November 2016 - 00:49:55 WIB

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung PADANG, HALUAN — Dalam waktu dekat Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Ganefri akan memilih pembantunya dalam bertugas mewujudkan UNP mendapat Akreditasi Internasional..
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:48:53 WIB
    PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

    Mahasiswa UNP Tabur Bunga, Pemprov Sumbar Bantu Janda

    PADANG, HALUAN — Se­banyak 300 orang lebih ma­hasiswa Jurusan Sejarah, Fa­kultas Ilmu Sosial (FIS) Uni­versitas Negeri Padang (UNP) mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bang­sa, Kamis (10/11) siang ke­marin. K.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]