46 Kios di Gang Senggol Kota Solok Terbakar


Ahad, 07 Juni 2015 - 20:55:51 WIB
46 Kios di Gang Senggol Kota Solok Terbakar

Berkat kerja keras mas­ya­rakat dan kerja keras petu­g­as pemadam kebakaran dari berbagai daerah itu, ditambah pula dengan pertolongan Tuhan melalu hujan deras,api dapat dipadamkan pada jam 21:11 WIB. Dan sebagian besar kios yang berada tepat di belakang pasar semi modern yang baru dua hari dires­mikan  itu dapat disela­matkan.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Dari 100 kios yang di­tem­pati pedagang ikan, pe­dagang sayur, pedagang kelapa,pedagang P & D dan pedagang ayam itu,60 kios di antaranya dapat disela­mat­kan.  Sementara 40 kios lainnya berubah  menjadi arang.

Icuk pemilik 4 kios di gang senggol ini mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 40 juta lebih. Kerugian 40 juta itu baru dari cabainya yang terbakar, belum ter­masuk bawang dan bahan kebutuhan  dapur lainnya yang juga ikut terbakar.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Icuk sendiri sempat menyesali dirinya sendiri yang tak me­ngindahkan ajakan petugas dari Kantor Pengelola Pasar untuk segera pindah ke pasar semi modern. Dikatakannya, hari Ka­mis (4/6) lalu, saat pasar semi modern itu diresmikan, semua pedagang di gang senggol sudah diminta untuk menempati kios yang ada di pasar semi modern. Untuk menempati kios itu, untuk sementara pedagang tidak dipungut sewa kios dan hanya dikenakan kewajiban membayar rekening listrik dan uang keber­sihan saja.

Akan tetapi karena takut kehilangan pelanggan, warga Banda Panduang ini  memilih bertahan berdagang di gang seng­gol sambil menunggu peda­gang lainnya pindah ke tempat yang lebih nyaman.

Kapolres Solok Kota, AKBP Guntur Hindarsyah SIK SH MH melalui Kabg OPS, Kompol. H.Rivai di lokasi kejadian me­ngatakan, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petu­gas kepolisian. Kerugian sekitar Rp 350 juta. (h/eri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]