LDS Masjid Raya Silungkang Dinilai Tim Provinsi


Senin, 08 Juni 2015 - 18:38:02 WIB
LDS Masjid Raya Silungkang Dinilai Tim Provinsi

Harapannya, agar ge­nerasi muda sebagai calon pemimpin masa depan, ber­latih mempersiapkan diri serta menggalakkan pen­didikan berkarakter melalui proses pembiasaan diri ba­ngun pagi atau subuh.

Baca Juga : Hadiri Pelantikan PCNU Pasaman, Ini Pesan Bupati Benny Utama

Untuk penilaian sebut Mukhlis, ada dua indikator yang menjadi acuan tim dalam penilaian, yaitu pe­nilaian utama dan pilihan antara lainnya penilaian dalam hal baca alquran, saritilawah, salat jenazah, asmaul husna, interaktif santri, ceramah, janji didi­kan subuh, adzan serta ke­ter­libatan pemerintah kota dan masyarakat.

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf yang hadir didam­pingi Wakil Walikota Ismed, Sekda Rovanly Abdams dan camat se-Kota Sawahlunto mengucapkan selamat ke­pada LDS Masjid Raya Si­lungkang yang terpilih se­bagai LDS tergiat.

Baca Juga : PCNU Pasaman Periode 2020-2025 Dilantik, Sederet Tugas Berat Menanti

Hal itu menandakan ma­sya­rakat Silungkang mampu menerapkan pendidikan agama sedari dini di tengah kehidupan masyarakatnya. Apalagi sejak tahu lalu ma­syarakat Silungkang juga mempelopori Magrib me­nga­ji dan satu jam tanpa televisi.

“Ini menandakan Silung­kang telah memberikan kon­tribusi yang baik bagi kota ini, dan pemko Sawahlunto sangat peduli dan meng­apresiasi kegiatan program keagamaan ini terutama sekali dalam rangka pen­didikan agama generasi mu­da salah satunya melalui LDS,” sebut walikota.

Baca Juga : BPBD Kota Pariaman Terima Bantuan Logistik Bencana dari BNPB Pusat

Ali Yusuf juga berharap kegiatan ini terus diper­tahankan dan ditingkatkan karena sangat baik untuk pembinaan dan mendidik anak anak sejak dini khusus­nya pendidikan agama is­lam.

“Kalau dari kecil sudah dibekali dengan ilmu agama dan keimanan yang kuat Insya Allah dewasa nantinya mereka akan menjadi ma­nusia yang berakhlak ber­budi luhur yang akan men­jadi tonggak estafet untuk memimpin Negara kita di­masa yang akan datang,” terangnya.

Baca Juga : Dihadiri Forkopimda, Lapangan Tembak Sarja Arya Racana Dharmasraya Diresmikan

Dan kepada masyarakat, Ali Yusuf menekankan apa yang telah dilaksanakan dan dikerjakan dapat juga tere­alisasi dalam kehidupan sehari hari.

Sementara itu Ketua Pa­nitia LDS Masjid Raya Si­lungkang Asrul Basmura, menyebutkan, lembaga didi­kan subuh sudah berak­tifi­tas sejak 12 tahun lalu, de­ngan jumlah santri sebanyak 328 orang yang berasal dari 3 SD, 2 SMP dan 1 SMA serta 9 TPA di kenagarian Silungkang.

Ditambahkannya, pres­tasi yang telah diraih LDS Masjid Raya Silungkang antara lain, juara I lomba cerdas cermat majlis taklim Tingkat Kota Sawahlunto tahun 2003, juara I lomba hafalan surat yasin pero­rangan tingkat kota Sawah­lunto tahun 2004.

Selain itu, tahun 2007 juara I lomba Asmaul Husna tingkat kota Sawahlunto, dan tahun 2008 keluar sebagai juara I lomba Masjid Ter­bersih tingkat Kota Sa­wahl­unto, serta juara III Lomba Lembaga Didikan Subuh  Tergiat Tingkat Sumatera Barat Tahun 2011.

Untuk penilaian kali ini Asrul berharap LDS Masjid Raya Silungkang bisa men­jadi yang terbaik, dan kede­pannya keberadaan lembaga didikan subuh ini akan sema­kin terukur dalam mena­namkan akidah beragama semenjak usia dini, serta sebagai wadah pembinaan akhlak secara berkesinam­bungan sehingga menum­buhkan mental yang kuat sebagai bekal dimasa depan anak anak ini.

“Tidak saja menjadi yang terbaik LDS masjid raya Silungkang diharapkan terus menciptakan generasi muda yang islami sebagai  penerus bangsa yang handal bebudi pekerti luhur serta ber­akh­lak dan berakidah mulia.(h/rki)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]