Tumpukan Sampah Pasar Surian Resahkan Warga


Senin, 08 Juni 2015 - 18:53:11 WIB
Tumpukan Sampah Pasar Surian Resahkan Warga

Jasman Malin Marajo, salah seorang warga Kulem­ban Nagari Surian di Surian, Minggu (7/6), mengatakan, tumpukan sampah di pasar tradisional Surian sudah membusuk karena dibiar­kan menumpuk sejak tiga bulan lalu.

Baca Juga : Dinilai Melanggar Prokes, Pertandingan Koa Dibubarkan Polisi

Bau tak sedap itu telah mengganggu kenyamanan masyarakat dalam ber­tran­saksi di pasar. Di samping itu, sampah membusuk itu berpotensi menmbulkan berbagai macam penyakit.

“Paling tidak sudah tiga bulan sampah itu dibiarkan tidak terurus, sehingga sam­pah itu menggunung dan menimbulkan bau yang tak sedap,” kata Jasman Malin Marajo.

Baca Juga : Sumbar Butuh Jalan Tol Padang - Pekanbaru

Karena itu, kata Jasman, jajaran pemerintah nagari diminta untuk turun tangan mengatasi tumpukan sam­pah tersebut. Kalau tidak, sampah yang membusuk itu akan menimbulkan beragam penyakit.

Menurutnya, sampah yang telah membusuk itu akan semakin banyak, kare­na setiap pekan jumlahnya semakin bertambah. Dan baunya pun semakin mem­busuk, apalagi kalau diguyur hujan.

Baca Juga : Mellysa Kistiand Putri Terpilih Sebagai Runner Up I Duta GenRe Tanah Datar 2021

Hal senada juga dika­takan Ratna Juita. Guru sekolah dasar ini sangat mengeluhkan bau tak sedap dari tumpukan sampah di pasar tradisional Surian. Karena tumpukan sampah tak terurus itu telah meng­ganggu kenyamanan warga dan butuh perhatian pe­merintah.

Sementara itu Wa­li­naga­ri Surian Syamsul Aswar mengatakan, pemerintahan nagari telah mencarikan solusi dengan mengadakan sepeda motor pick up dan telah mencarikan lokasi pembuangan akhir.

Baca Juga : 10 Calon Pimpinan Baznas Pariaman Ikuti Seleksi Tahap Wawancara

Akan tetapi sampai hari ini sampah itu belum bisa dibawa karena belum ada solusi dari Kantor Pengelola Lingkungan Hidup dan Ke­bersihan.

Hari ini pihak KPLHK belum me­ngi­rimkan tenaga dan truk pengangkut sampah.

“Sampah itu sudah menumpuk sejak 3,5 bulan lalu, sampai hari ini belum ada tenaga dan truk sampah yang dikirim pihak KPLH, sehingga tumpukan sampah itu kian menumpuk,” ujar Syamsul Azwar. (h/eri)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]