Jumlah Petugas Kebersihan dan Pertamanan tak Ideal


Senin, 08 Juni 2015 - 19:06:36 WIB

Jumlah petugas la­pang­an itu, kata Afrizal, tidak ideal dengan jumlah pen­duduk Kota Padang yang mencapai 1 juta jiwa. “Jika disesuaikan dengan jumlah penduduk, idealnya jumlah petugas lapangan sebanyak 1.000 orang,” ujarnya di Padang, Senin (8/6).

Pihaknya setiap tahun mengusulkan penambahan petugas lapangan ke Peme­rintah Kota (Pemko) Pa­dang sebanyak 50 orang. Namun, hal itu harus me­lalui per­setujuan Tim Ang­garan Pemerintah Daerah (TAPD) dan DPRD Kota Padang.

“Sampah berasal dari aktivitas rumah tangga war­ga. Jika jumlah warga terus bertambah, jumlah petugas pembersih sampah juga ha­rus bertambah,” sebutnya.

Sementara itu, status 620 petugas lapangan itu adalah PNS dan pegawai kontrak. Petugas yang berstatus kon­trak berjumlah 377 orang, selebihnya adalah berstatus PNS. Selain mengajukan penambahan jumlah petugas, kata Afrizal, pihaknya juga mengusulkan ke TAPD dan DPRD penambahan gaji petugas kontrak.

Selai kekurangan pe­tugas lapangan, Afrizal men­ya­takan, pihaknya juga ke­ku­rangan truk pengangkut sa­m­pah. Saat ini, jumlah truk pengangkut sampah se­ban­yak 62 unit, termasuk enam unit truk tambahan pada tahun ini. Idealnya, Kota Padang membutuhkan 100 unit truk.

Sementara itu, jumlah kontainer penampung sam­pah sementara untuk ke­mu­dian diangkut oleh truk ke TPA sudah cukup, yakni sebanyak 300 unit. Pada tahun ini tak ada pe­nam­bahan kontainer, karena pada tahun kemarin ada penambahan besar-besaran, yakni sebanyak 150 unit kontainer. “Kontainer sudah cukup. Yang dibutuhkan itu penambahan truk,” pung­kasnya. (h/dib)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]