6 WN Korsel Tewas Akibat MERS


Senin, 08 Juni 2015 - 19:11:43 WIB

Kamis lalu (4/6/2015), sebanyak 20.600 orang asing membatalkan perjalanan ke Korsel, meningkat 74,6 per­sen dari sehari sebelumnya

Pemerintah Hong Kong khawatir dengan informasi palsu yang bilang bahwa seorang pria Korsel 44 tahun ini pernah kontak dengan penderita MERS sebelum mengunjungi Hong Kong. Orang ini diperiksa terkait dugaan MERS di provinsi Guangdong di Tiongkok, saat berkunjung ke China melalui Hong Kong bulan lalu.

Tentu pemerintah Hong Kong SAR khawatir dengan merebaknya MERS, karena SARS — yang mirip dengan MERS pada 2003 — menye­babkan 300 orang mening­gal. Wabah MERS yang ma­suk ke Korsel ditakutkan juga bakal merebak ke Hong Kong.

Taiwan juga ketar-ketir. Level peringatan meningkat dari abu-abu ke kuning, Level kuning dikeluarkan ketika sorang wisman diberi “perhatian khusus” dan lebih baik mencekal wisman pergi ke negara lain. Sedang­kan level abu-abu mengacu pada situasi si wisman disa­rankan untuk selalu mewas­padai MERS.

Taiwan melakukan lati­han penangkalan MERS di lembaga-lembaga medisnya pada Sabtu pekan lalu (6/6/2015).

Pemerintah Taiwan juga mengawasi 300 mahasiswa Korsel yang kuliah di Tai­wan dan menghabiskan libu­ran mereka di Korsel .

Pemerintah Seoul ber­janji memperkuat kerja­sama dengan masyarakat inter­nasional dengan cepat dan lebih efektif mengatasi keta­kutan merebaknya MERS.

MERS tidak seha­rusnuya menjadi sumber ketegangan diplomatik. Sebaliknya, kita harus melihat masalah ini sebagai salah satu masa­lah transna­sio­nal.”­Kami harus meningkatkan kerja­sama internasional, “ kata seorang pejabat dari Kemen­terian Luar Negeri Korsel yang menolak dise­butkan namanya kepada Korean Herald.

Pada hari Senin (8/6/2015), Departemen Luar Negeri, bersama dengan De­par­temen Kesehatan Korsel , berencana untuk menga­dakan pertemuan dengan para diplomat asing di Seoul untuk menjelaskan situasi saat ini sekitar penyebaran virus MERS.

Pemerintah Seoul juga akan menjalin kerjasama erat dengan Organisasi Kese­h­atan Dunia WHO untuk menyelidiki penyebaran MERS di Korsel.

Tim ahli virologi dan kesehatan masyarakat akan turun bersama para pejabat Korsel pada Selasa (9/6/2015). Tim WHO dipim­pin oleh Keiji Fukuda, asis­ten  direktur umum yang untuk keamanan kesehatan Jepang. (h/inl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]