Pemkab Pasaman Keluarkan Edaran Terkait Ramadan


Selasa, 09 Juni 2015 - 19:59:46 WIB

“Edaran tersebut nantinya akan berbentuk imbauan hingga penertiban secara tegas oleh Satuan Polisi Pamong Praja, dan bila ada yang melanggar tentu dapat ditindak, baik itu berupa tindak pidana pidana ringan (tipiring) ataupun dilimpahkan pada pihak berwajib,” kata Daniel.

Ia menambahkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk bulan puasa, Pemkab Pasaman melarang rumah makan untuk beroperasi pada siang hari, terutama yang ada di sekitar pemukiman masyarakat, lokasi keramaian. Namun demikian, ada juga beberapa lokasi yang akan diperbolehkan, sebab ada juga masyarakat yang beragama lain, yang tentu juga harus diakomodir haknya.

Selain rumah makan, untuk tempat hiburan juga akan diminta untuk membatasi jam operasinya. Demikian juga dengan pihak perhotelan yang ada di daerah itu, yang diminta untuk memperketat pengunjung yang akan menginap.

Sementara itu, untuk petasan, dijelaskan pihak pemerintah setempat, akan dikoordinasikan dengan pihak kepolisian. Untuk melakukan razia, dan penertiban pedagang yang masih berjualan benda-benda yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat dalam beribadah, serta dapat mengakibatkan musibah tersebut.

Sehubungan dengan itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Pasaman, Yusrizal, menyatakan, untuk menyambut Ramadhan 1436 Hijriah, pihaknya akan melakukan razia, sejak satu minggu sebelum memasuki bulan puasa tersebut.

“Kita akan melakukan razia sejak satu minggu sebelum Ramadhkan, hal itu untuk menjamin kenyamanan dan kemanan bagi masyarakat saat memasuki bulan puasa,” kata Yusrizal.

Ia menambahkan, untuk rumah makan, yang di­perbolehkan beroperasi siang hari, ada dibebarapa kawasan, dimana di sana banyak masyarakat yang memeluk agama lain, yang tentunya hak mereka juga perlu untuk di akomodir.

Satpol PP setempat juga menjelaskan, terus me­ngantisipasi mulai munculnya pedagang kembang api dan juga petasan di daerah ini jelang bulan Ramadhan 1436 Hijriah, agar nantinya saat memasuki bulan suci umat Islam tersebut tidak ada gangguan masyarakat yang dapat mengganggu aktifitas keagamaan di daerah ini. “Kami mulai memantau sejak dini terkait peredaran petasan. Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi petasan yang tidak berizin dan sejenisnya, di mana langkah ini dilakukan agar terjaminnya keamanan dan kenyamanan masyarakat di daerah ini,” katanya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat, Satpol PP sebagai aparat penagak perda juga akan mengeluarkan imbauan terkait bulan Ramadhan, selain menunggu surat instruksi dari pihak provinsi. (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]