Kebutuhan Ikan Padang Panjang 2 Juta Ekor


Selasa, 09 Juni 2015 - 20:00:20 WIB

“Sementara per­min­taan dan kebutuhan ikan masyarakat, saat ini men­capai 2 juta ekor setiap tahunnya. Sehingga masih dibutuhkan produksi men­capai 1,5 juta ekor ikan lagi untuk setiap tahunnya,” ujar Candra.

Salah satu alasan pem­berdayaan UPR tersebut, antara lain terbatasnya lahan untuk pembuatan dan pe­ngadaan kolam ikan. “Da­­­lam pengembangan ko­lam ikan, Padang Panjang ter­bentur dengan persoalan lahan. Sehingga alternatif yang bisa ditempuh, yakni dengan memberdayakan ko­lam ikan milik ma­sya­rakat,” ujarnya.

Dikatakan Candra, luas kolam ikan yang ada pada UPR tersebut, berbeda an­tara yang satu dengan yang lainnya. “Luas lahan se­kitar setengah sampai 3/4 hek­tare. Sementara untuk pe­ngadaan indukan, Pem­ko juga mem­bantu ma­syarakat untuk mem­pro­duksi bibit ikan pada de­lapan UPR yang ada ter­sebut,” tan­dasnya.

Candra mengatakan, un­tuk bantuan indukan, ma­sing-masing UPR akan di­bantu sebanyak 100 kilo­gram induk, atau sekitar lebih kurang 600 ekor. Je­nis indukan yang di­se­diakan antara lain berupa indukan nila dan lele. Se­lain diha­rapkan akan mampu men­jawab kebutuhan ikan ma­syarakat, dari pem­ber­dayaan UPR juga di­ha­rap­kan akan dapat me­ning­katkan peng­hasilan warga. (h/yan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]