Ombudsman Sorot Parkir Liar di Kantor Pemerintahan


Selasa, 09 Juni 2015 - 20:05:12 WIB

“Jika mereka memungut bayaran silakan, namun jangan ditentukan tarifnya. Sebab, apa pun yang jenis pungutan terhadap masyarakat, harus ada aturan yang jelas,” ujarnya kepada Haluan di Padang, Selasa (9/6).

Ia menambahkan, jika pemuda yang me­nga­mankan dan menertibkan kendaraan mengharuskan masyarakat membayar parkir, apalagi sampai menentukan tarifnya, maka hal itu merupakan bentuk gangguan pelayanan publik di kantor instansi pemerintahan. Jika demikian, pihak instansi pemerintahan ber­sang­kutan berwenang menertibkan parkir liar tersebut.

Sementara Kepala Kepala UPT Per­parkiran Dinas Perhubungan dan Ko­munikasi Kota Padang, Bastiar mengatakan, berdasarkan Perda Kota Padang Nomor 12 Tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha, pungutan parkir di kantor instansi pemerintahan tidak ter­masuk dalam retribusi yang dipungut UPT Perparkiran.

“Parkir di instansi kantor pemerintahan seharusnya tidak dipungut biaya. Orang yang datang untuk berurusan ke kantor pe­me­rin­tahan adalah tamu. Kantor instansi pemerintah setempat sebagai tuan rumah, berkewajiban mengamankan kendaraan milik tamu yang datang, tanpa harus memungut biaya. Jika yang memungut biaya parkir tersebut adalah pihak di luar instansi pemerintahan, instansi pe­merintah berwewenang menertibkannya karena itu adalah kawasan pemerintahan,” tuturnya.

Pantauan Haluan, beberapa contoh instansi pemerintahan yang memungut parkir yang diminta pemuda setempat adalah Samsat Padang dan Imigrasi Padang. Mereka me­mungut biaya parkir sebesar Rp1.000 hingga Rp2.000 rupiah terhadap sepeda motor dan mobil masyarakat yang berurusan ke kantor tersebut.

Kepala Samsat Padang, Jaya Isman men­jelas­kan mengenai hal itu, pungutan parkir itu bukan atas suruhan pihaknya, melainkan inisiatif pemuda setempat. Sementara Plt Kabag Tata Usaha Imigrasi Padang, Harmen menyebutkan, pungutan parkir di kantor Imigrasi Padang merupakan kerja sama koperasi Imigrasi Padang dengan Dinas Perhubungan Kota Padang. Pihaknya menyetor ke Dinas Perhubungan atas pungutan parkir tersebut. (h/dib)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 19:18:05 WIB

    Ombudsman Nyatakan RSUP M. Djamil Padang Lakukan Maladministrasi, Ini Alasannya

    Ombudsman Nyatakan RSUP M. Djamil Padang Lakukan Maladministrasi, Ini Alasannya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatra Barat serahkan Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) pengaduan masyarakat atas nama Dewi Suriani mengenai dugaan penundaan berlarut dalam pengurusan admini.
  • Kamis, 01 September 2016 - 20:36:16 WIB
    Pelayanan e-KTP Amburadul

    Disdukcapil Padang Disemprit Ombudsman

    Disdukcapil Padang Disemprit Ombudsman Dia mengaku telah melakukan perekaman data setahun lalu, namun hingga saat ini belum mendapat e-KTP. Akibatnya, pihaknya mengalami kendala mengakses layanan publik yang saat ini sudah mengharuskan identitas berupa e-KTP.
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:54:57 WIB

    Ombudsman Soroti Pengutan di SMPN

    PADANG, HALUAN — Om­buds­man RI Perwakilan Su­­matera Barat menduga te­lah terjadi pungutan liar (pung­­li) yang dilakukan be­be­rapa Satuan Pendidikan Da­sar tingkat SMP di Kota Pa­dang. Kali ini pungli di­la­.
  • Rabu, 08 Juni 2016 - 15:23:06 WIB

    Ombudsman Minta Kepastian Layanan Distribusi BBM

    Ombudsman Minta Kepastian Layanan Distribusi BBM PADANG, HALUAN -- Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat meminta Pertamina segera menyelesaian persoalan gangguan layanan distribusi BBM dari Depot Pertamina Bungus Teluk Kabung. .
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 16:39:53 WIB

    Ombudsman: Layanan Publik Membaik

    PADANG, HALUAN — Ombudsman Per­wakilan Sumbar menilai, Pemko Padang dinilai sudah memberikan perhatian khusus terhadap pelayanan publik. Hal itu terlihat dari adanya perubahan layanan, seperti kelengkapan sarana dan pening.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]