11 Disabilitas Bersaing di SBMPTN 17


Selasa, 09 Juni 2015 - 20:21:16 WIB

Ketua Panitia Panlok 17 Agus Irianto di sela kun­jungannya menuturkan, un­tuk calon mahasiswa berke­butuhan khusus ini panitia telah memfasilitasi sesuai dengan kebutuhan khsusu yang dimilikinya.  “Untuk tuna netra kita sediakan pendamping, agar tidak me­nganggu yang lain juga di­tem­patkan di lokal khsusus. Tahun ini ada empat orang tuna netra yang ikut ambil bagian,” terangnya kepada media Selasa (9/6).

Dilanjutkannya, selain tuna netra, ada juga yang berkebutuhan khusus lain­nya yaitu tuna rungu, tuna wicara dan tuna daksa. Untuk calon mahasiswa berkebuthan khusus seperti ini, panitia menanyakan kepada yang bersangkutan terkait dengan pendam­pingan dalam ujian.

“Dalam laman pendaf­taran kita sudah lampirkan kalau ada calon yang berke­butuhan khusus agar me­ngi­si laman ini dan menje­laskan kebutuhan khusus yang diidapnya. Kita juga tanyakan apakah butuh pen­damping atau tidak, bisa saja dari orang terdekat atau dari panitia,”  jelasnya.

Hal senada juga di­ung­kapkan Rektor UNP Prof. Phil Yanuar Kiram. Me­nurutnya, sejauh ini panitia Panlok 17 sudah mela­kukan kerja yang maksimal untuk kelancaran pelak­sanaan SBMPTN tahun ini. “Khu­sus untuk anak berke­butu­han khusus, tidak akan ada pembedaan nantinya. Ha­nya saja nanti kita akan bicarakan dulu bagaimana ketika yang berkebutuhan khusus ini lulus,” terang­nya.

Dalam SBMPTN tahun ini kata Yanuar tidak ada diskriminasi. Semuanya bebas bersaing dan ber­kom­petisi untuk menda­patkan kursi di PTN. “Ti­dak ada pembedaan se­muanya bisa bersaing,” tegasnya.

Pelaksanaan SBMPTN itu sendiri dari hasil pan­tauan tim Panlok 17 ke beberapa berjalan dengan lancar. Pantauan pertama dilakukan di kampus Unand tepatnya di gedung H dan I. Panitia tidak me­ne­mukan adanya keluhan dari peserta bahkan dari panitia pelaksana. Pan­tauan dilanjutkan ke Seko­lah Me­nengah Pertama (SMP) 30 Padang di Sim­pang Haru, Kampus Eko­nomi Unand di Jati dan terakhir di Fakultas Teknik (FT), UNP.

“Semuanya lancar ti­dak ada kendala yang dalam pelaksanaan, mulai dari jumlah soal, ketersediaan ruangan dan kebutuhan ujian lainnya,”  papar Ya­nuar.(h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 Mei 2020 - 13:41:37 WIB

    Bertambah Satu Kasus, Total Ada 118 Orang Positif Covid-19 di Padang

    Bertambah Satu Kasus, Total Ada 118 Orang Positif Covid-19 di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Angka peningkatan untuk kasus positif Covid-19 di Kota Padang kembali bertambah. Kali ini, seorang warga Pisang, Kecamatan Pauh juga dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan.
  • Senin, 27 April 2020 - 20:41:48 WIB

    Masa Pandemi, Polresta Padang Tetap Siagakan 211 Personel untuk Operasi Ketupat 2020

    Masa Pandemi, Polresta Padang Tetap Siagakan 211 Personel untuk Operasi Ketupat 2020 PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 211 personel Polresta Padang diturunkan untuk menggelar Operasi Ketupat 2020 yang digelar selama lebih kurang 37 hari yang dimulai tanggal 24 April hingga 31 Mei 2020. Hal tersebut disampa.
  • Selasa, 21 April 2020 - 21:36:56 WIB

    Ini 11 Posko Check Point PSBB di Kota Padang

    Ini 11 Posko Check Point PSBB di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang membentuk 11 (sebelas) titik posko check point selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sebelas posko itu tersebar di sejumlah titik yang berada di sejuml.
  • Senin, 07 Agustus 2017 - 19:13:51 WIB

    11 Tokoh di Kota Padang Dapat Pin Emas

    11 Tokoh di Kota Padang Dapat Pin Emas PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebelas tokoh masyarakat di Padang mendapat pin emas pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-348. Pin emas itu akan disematkan pada saat sidang istimewa peringatan HUT Kota Padang di gedung DPRD.
  • Rabu, 05 April 2017 - 09:09:27 WIB

    Penerima KIP Bertambah 11 Ribu

    PADANG, HALUAN—Tahun 2017 penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kota Padang tercatat sebanyak 31 ribu siswa disemua tingkat pendidikan. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]