11 Disabilitas Bersaing di SBMPTN 17


Selasa, 09 Juni 2015 - 20:21:16 WIB
11 Disabilitas Bersaing di SBMPTN 17

Ketua Panitia Panlok 17 Agus Irianto di sela kun­jungannya menuturkan, un­tuk calon mahasiswa berke­butuhan khusus ini panitia telah memfasilitasi sesuai dengan kebutuhan khsusu yang dimilikinya.  “Untuk tuna netra kita sediakan pendamping, agar tidak me­nganggu yang lain juga di­tem­patkan di lokal khsusus. Tahun ini ada empat orang tuna netra yang ikut ambil bagian,” terangnya kepada media Selasa (9/6).

Baca Juga : Padang Aktifkan Kembali Kampung Nelayan untuk Tempat Karantina Covid-19

Dilanjutkannya, selain tuna netra, ada juga yang berkebutuhan khusus lain­nya yaitu tuna rungu, tuna wicara dan tuna daksa. Untuk calon mahasiswa berkebuthan khusus seperti ini, panitia menanyakan kepada yang bersangkutan terkait dengan pendam­pingan dalam ujian.

“Dalam laman pendaf­taran kita sudah lampirkan kalau ada calon yang berke­butuhan khusus agar me­ngi­si laman ini dan menje­laskan kebutuhan khusus yang diidapnya. Kita juga tanyakan apakah butuh pen­damping atau tidak, bisa saja dari orang terdekat atau dari panitia,”  jelasnya.

Baca Juga : Pemuda Villa Indah Padang Bagi-bagi THR, Pakai Cara Tak Biasa

Hal senada juga di­ung­kapkan Rektor UNP Prof. Phil Yanuar Kiram. Me­nurutnya, sejauh ini panitia Panlok 17 sudah mela­kukan kerja yang maksimal untuk kelancaran pelak­sanaan SBMPTN tahun ini. “Khu­sus untuk anak berke­butu­han khusus, tidak akan ada pembedaan nantinya. Ha­nya saja nanti kita akan bicarakan dulu bagaimana ketika yang berkebutuhan khusus ini lulus,” terang­nya.

Dalam SBMPTN tahun ini kata Yanuar tidak ada diskriminasi. Semuanya bebas bersaing dan ber­kom­petisi untuk menda­patkan kursi di PTN. “Ti­dak ada pembedaan se­muanya bisa bersaing,” tegasnya.

Pelaksanaan SBMPTN itu sendiri dari hasil pan­tauan tim Panlok 17 ke beberapa berjalan dengan lancar. Pantauan pertama dilakukan di kampus Unand tepatnya di gedung H dan I. Panitia tidak me­ne­mukan adanya keluhan dari peserta bahkan dari panitia pelaksana. Pan­tauan dilanjutkan ke Seko­lah Me­nengah Pertama (SMP) 30 Padang di Sim­pang Haru, Kampus Eko­nomi Unand di Jati dan terakhir di Fakultas Teknik (FT), UNP.

“Semuanya lancar ti­dak ada kendala yang dalam pelaksanaan, mulai dari jumlah soal, ketersediaan ruangan dan kebutuhan ujian lainnya,”  papar Ya­nuar.(h/mg-isr)

BERITA POPULER Index »


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]