10 Program Unggulan Disorot


Selasa, 09 Juni 2015 - 20:22:40 WIB

Tanggapan dari perwakilan tokoh masyarakat Kota Padang seputar memberantasan maksiat masih ditanyakan. Karena masih banyak aksi maksiat yang dilihat secara kasat mata yang terjadi. Namun, apresiasi kepada kepemimpinan MahEm tetap diberikan mengingat sudah bisa menghapus tenda ceper.

Kemudian tanggapan peserta diskusi juga datang dari perwakilan pedagang yang menanyakan penuntasan Pasar Raya Padang yang masih dianggab setengah matang. Kondisi Pasar Raya Padang saat ini memang belum bisa dikatakan terwujudnya salah satu program Mahyeldi-Emzalmi. Karena masih banyak pedagang menempati kios penampungan.

Diskusi yang dipimpin oleh Kepala Bapeda Kota Padang Hervan Bahar ini cukup banyak memberikan masukan kepada kedua pemimpin tersebut. Dua belas pertanyaan dan masukan tersebut ditampung dan dijawab langsung oleh Mahyeldi Emzalmi.

Dalam pemaparannya, Mahyeldi menyebut setahun kepemimpinan duet MahEm sudah ada beberapa capaian prioritas yang mulai terwujud. Yakni sekolah gratis, menghadirkan terminal, serta penataan Pasar Raya Padang. “Memang belum bisa kita mencapai semua program yang sudah kita buat. Tetapi, semua itu sudah kami tuangkan ke dalam RPJMD,” terang Mahyeldi.

Dari dua belas masukan tersebut, papar Mahyeldi menandakan perhatian dan dukungan masyarakat Kota Padang terhadap kepemimpinan MahEm. Program tersebut sudah berjalan seperti sejak 2014, program betonisasi jalan lingkungan sepanjang 53,93 Km dengan anggaran Rp30,57 milyar.

“Sedangkan dalam 2015 ini, kembali ditargetkan dapat tercapai sepanjang 74 KM. Untuk pemeliharaan jalan, dapat terealisasikan sepanjang 1.000 Km, berikut untuk peningkatan jalan yang termasuk pemeliharaan rutin dengan anggaran Rp 36,8 milyar,”tuturnya.

Pada tahun 2014, Pemko menyantuni warga yang meninggal dunia sebanyak 850 orang dengan pagu dana sebesar Rp 850.000.000. Tidak ada pembedaan dalam pemberian santunan ini. Akan tetapi setelah dikaji peraturan yang berlaku, dan dihapusnya dana hibah bansos. Akhirnya tahun 2015 ini akan diterbitkan Perwako untuk merealisasikan santunan kematian ini.

“Tahun 2015, masyarakat miskin yang hanya terdata melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang atau yang memiliki kartu Jamkesda / Jamkesmas / BPJS akan menerima santunan kematian,” katanya.

Pemko menganggarkan santunan kematian sebesar Rp2,3 Milyar 2014 lalu, program ini terealisasi dengan baik. Dana sebesar Rp 14.861.501.400 terserap habis untuk 29 kegiatan yang dilakukan dalam program ini. Kegiatan pembinaan dan pengembangan perikanan yang menelan biaya Rp 50.000.000 mampu membina dan mengembangkan 15 UPR. Begitu juga dengan kegiatan pengembangan sarana dan prasarana perikanan / budidaya ikan kerapu. Untuk kegiatan ini pada tahun 2014 menelan biaya dari APBD sebesar Rp 2.096.085.700,-. Untuk pengadaan peralatan dan perlengkapan perikanan tangkap, pada tahun 2014 terrealisasi sebesar Rp 778.519.000,-. Dimana dengan pagu dana sebesar itu, peralatan dan perlengkapan tangkap ikan seperti 502 fiber, 1 long tail, 1 persen, 40 mesin 40 PK mampu diadakan bagi nelayan yang membutuhkan.

“Terkait DED pantai air manis, sudah dilakukan MoU dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Dimana sharing dana antara Pemko Padang sebesar 60 persen dan Pemprov sebesar 40 persen. Di Pemko Padang pagu dana untuk pantai air manis yakni sebesar Rp 1,2 Milyar sedangkan dana dari Pemprov sebesar Rp 800 juta. Namun karena sharing dana antara pemprov dengan kabupaten dan kota ditiadakan, saat ini hanya dana Pemko sebesar Rp 1,2 M yang berjalan untuk revitalisasi pantai air manis,” tandasnya lagi.

Khusus untuk pantai padang, Lapau Panjang Cimpago (LPC) akan selesai pada Juli 2015 ini. Dalam waktu dekat ini akan dilakukan pemindahan pedagang ke bangunan LPC, sehingga sisi pantai akan kosong. Paripurnanya, dalam akhir tahun 2015 ini pantai padang akan selesai dipercantik dan akan menjadi kawasan primadona. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]