Ratusan Menara Tower Tak Berizin


Rabu, 10 Juni 2015 - 18:25:45 WIB

Anggota Komisi I DPRD Pekanbaru Sri Rubianti, kepada wartawan mengatakan, hearing digelar dalam rangka menyem­purnakan Ranperda Teleko­mu­nikasi Kota Pekanbaru yang kini sedang dibahas di DPRD Kota Pekanbaru.

“Rapat ini untuk masukan Ranperda. Apalagi sekarang ba­nyak­nya tower yang tak sesuai dengan kondisi di lapangan,” kata Sri Rubianti.

Belum lagi soal banyaknya tower yang melanggar dari izin dan ilegal, secara kasat mata saja, mengenai radius tower yang tak sesuai dengan aturan yang ada banyak ditemukan di lapangan. “Sesuai aturan, radius tower dan ketinggian ditentukan dengan jarak dengan rumah warga antara 100-120 meter,” katanya.

“Meski berdiri tower di dekat perumahan warga, harus ada izin dari warga sekitar. Kebanyakan di lapangan sebagian warga tidak mengizinkannya. Padahal, per­syaratan utama pendirian tower tersebut, izin dari warga se­tempat,” imbuh politisi dari Gerindra ini.

Hal senada disampaikan ang­gota Komisi I lainnya, Drs H Tarmizi Ahmad. Dikatakan, hea­ring yang dilakukan ini, selain untuk masukan terhadap Ran­perda Telekomunikasi, pihaknya juga menginginkan dengan adanya Ranperda Telekomunikasi Pe­kanbaru ini nanti, bisa menambah pendapatan anggaran daerah (PAD) Pekanbaru.

Sebab selama ini, dari jumlah 585 unit tower dari berbagai provider di Kota Pekanbaru, PAD untuk tahun 2014 lalu hanya Rp1,3 miliar. Sementara di dae­rah lain seperti di Lombok, NTT, dari jumlah towernya 300 unit, bisa menghasilkan PAD Rp 2,4 miliar.

“Berdasarkan hasil kun­jungan Komisi I ke Lombok beberapa waktu lalu. Masalah ini tentu perlu dicarikan solusinya. Kita akan perbaiki dalam pe­nyempurnaan Ranperda Teleko­munikasi Pekanbaru nantinya. Bahkan kita akan masukkan ke draf Ranperda, membatasi jum­lah tower setiap provider,” kata Tarmizi. (hr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 19:00:28 WIB

    PSBB Berakhir, Riau akan Buka Lagi Ratusan Tempat Wisata

    PSBB Berakhir, Riau akan Buka Lagi Ratusan Tempat Wisata HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Riau memutuskan tak memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di enam daerah. Ratusan destinasi wisata yang ditutup sementara akibat pendemi Covid-19, bakal dibuka kembali. S.
  • Sabtu, 11 April 2020 - 07:53:46 WIB

    Siapa-siap! Ratusan Juta Turis China Akan Berlibur, Ini Destinasi Tujuannya

    Siapa-siap! Ratusan Juta Turis China Akan Berlibur, Ini Destinasi Tujuannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- China mulai melonggarkan aturan karantina di wilayahnya. Tak terduga, begitu banyak yang menyambut dan orang-orang langsung berlibur..
  • Senin, 09 Maret 2020 - 12:13:52 WIB

    Ratusan Peserta Ramaikan Silokek Fun Adventure

    Ratusan Peserta Ramaikan Silokek Fun Adventure SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Kurang lebih 450 peserta mengikuti Silokek Fun Adventure, Minggu 8 Maret 2020. Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun Kabupaten Sijunjung ke-71..
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 19:14:12 WIB

    Mau Dibayar Ratusan Juta? Ayo Pindah ke Molise

    Mau Dibayar Ratusan Juta? Ayo Pindah ke Molise ROMA, HARIANHALUAN.COM - Sebuah wilayah indah di sebelah timur Roma, Italia, mengumumkan akan membayar hingga lebih dari Rp300 juta bagi pengunjung yang mau bermukim di salah satu dari 106 desa di sana. Wilayah tersebut adala.
  • Senin, 22 Mei 2017 - 07:25:38 WIB
    OPERASI PEKAT 2017

    Polres Dumai Amankan Ratusan Miras

    DUMAI, HALUAN - Polres Dumai melakukan operasi Penyakit masyarakat (Pekat) dibeberapa titik lokasi, operasi dilakukan selama dua hari dan berhasil menyita ratusam Minuman keras (Miras) berbagai jenis merk. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]