PAN: Pilgub Sumbar Cukup Dua Koalisi


Rabu, 10 Juni 2015 - 18:48:37 WIB

“Ya, kita se­tuju dan mendorong ter­bentuknya dua koalisi untuk Pilgub Sumbar. Hal ini untuk memastikan agar ti­dak ban­yak calon yang mun­cul, dan memudahkan pe­milih ketika hanya terdapat dua pasang calon yang ber­hadapan,” kata Ketua DPW PAN Sumbar, Asli Chaidir kepada Haluan, Rabu (10/6).

Namun, apakah bentuk koalisinya, PAN sendiri juga belum mau merinci secara jelas. Apakah itu akan me­ngikuti arah koalisi di pusat seperti Koalisi Merah Putih (KMP), atau Koalisi Indo­nesia Hebat (KIH).

“Atau, mungkin saja ko­la­borasi dari keduanya,” ucap Asli. Terkait calon dari internal PAN sendiri, Asli mengatakan kini pihaknya masih menunggu instruksi dari DPP. Setelah dilakukan pembukaan penerimaan ca­lon dan ditutup kemudian dibuka kembali, hingga kini DPP belum memberi in­stru­k­si untuk mengirimkankan nama-nama calon dari DPW maupun DPD untuk ka­bupaten kota.

“Jika nanti DPP me­mi­nta nama-nama calon gu­ber­nur, kami akan serahkan. Kami hanya ambil bagian dalam menjajaki calon-ca­lon yang berpeluang, se­men­tara keputusan tetap berada di DPP,” ucap Asli Chaidir.

Terkait nama-nama yang sudah mendatangi PAN dan menjalin interaksi, Asli me­nga­takan proses silaturahmi dan pendekatan masih ber­langsung. Bahkan, calon juga melakukan komunikasi langsung dengan DPP. Mes­kipun demikian, pihaknya juga melakukan penelitian terhadap calon, sebelum diputuskan.

Makin Kuat

Mendaftarnya sa­ng petahana Gu­­­­bernur Su­m­bar, Irwan Pra­yitno (IP) sebagai ba­kal calon gu­ber­nur Sumbar ke Partai Gerin­dra Sumbar, Se­la­sa (9/6) lalu, secara tidak lang­sung telah me­ngu­at­kan sinyal dan memberikan keyakinan banyak pihak, jika PKS dan Gerindra akan bersatu pada Pilgub mendatang.

“Selain didasarkan ke­pada kesamaan tujuan dan pandangan untuk pem­ba­ngu­nan bangsa, alasan saya untuk mendaftar ke Gerinda adalah karena belum adanya calon yang akan diusung oleh internal partai ter­sebut,” kata Irwan seraya menambahkan, jika pen­daftaran dirinya ke Partai Gerindra juga merupakan tindak lanjut dari hasil mu­sya­­warah DPW PKS.

Irwan mengatakan, salah satu motivasinya untuk ke­m­bali maju pada Pilgub Sumbar 2015, antara lain didorong semangat untuk melanjutkan pembangunan di daerah. “Membangun Sumbar, rasanya tidak cu­kup dengan waktu lima ta­hun saja. Insya Allah, jika kembali dimanahkan oleh masyarakat, kita akan sem­pur­na­kan pembangunan,” tandas Irwan.

Disinggung terkait san­ter­nya isu yang menyebutkan dirinya akan bersanding dengan Bupati Pesisir Se­latan Nasrul Abit (NA), yang se­be­lum­nya juga telah men­daf­tarkan diri ke Partai Ge­rindra sebagai bakal ca­lon wakil gubernur, Irwan me­nga­ku sangat bersyukur jika hal tersebut benar-benar terjadi. “Saya berharap de­mikian putusan dari Partai Gerindra,” pungkas Irwan.

Sejauh ini, memang be­lum ada pernyataan sikap resmi terkait kesepakatan antara PKS-Gerindra. Na­mun  dari akumulasi jumlah kursi keduanya, koalisi PKS dan Gerindra sudah bisa untuk mengusung satu paket pasangan. (h/eni/mg-rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]