DPD RI Lakukan Uji RUU Pertanahan


Kamis, 11 Juni 2015 - 19:18:29 WIB

Demikian diungkapkan oleh Pimpinan Komite I DPD RI Fakhrul Razi da­lam acara Uji Sahih tentang Rancangan Undang-Un­dang Pertanahan, yang di­hadiri oleh seluruh instansi terkait, diantaranya BPN Riau, Polda Riau, dosen dan mahasiswa. Sementara dari Komisi I DPD RI turut dihadiri oleh Wakil Ketua Komite 1 DPD RI, Int­siawati Ayus SH MH, Ang­gota Komite 1 DPD RI Rijal Sirait, Hudarni Rani, dan Nurmawati Dewi Bantilan.

Dijelaskannya, bahwa uji sahih tentang RUU Per­tanahan ini sudah menjadi program sejak 2009 lalu, sebagai salah satu bentuk revisi terhadap uu per­ta­nahan. Dengan adanya UU ini diharapkan nantinya bisa menjadi referensi bagi selu­ruh masyarakat baik model kepemilikan maupun ba­gaimana pengelolaan ne­gara. "Kita harapkan uji sahih ini bisa diselesaikan pada akhir Agustus mendatang, dan bisa diterima oleh DPR sehingga bisa menjadi acu­an,"ujarnya.

Sementara itu, senada dengan hal tersebut Ketua rombongan DPD RI komite I, Intsiawati Ayus menutur­kan bahwa RUU Perta­na­han sangat penting dan harus segera dirampungkan.

"Uji sahin ini adalah agen­da legeslasi yang ditar­getkan bulan Agustus men­datang sudah selesai. Dan data yang kami dapat dalam? uji sahin ini akan menjadi dasar revisi UU Pertanhan," ungkap wa­nita yang kerap di­panggil Iin.

Ditegaskannya, ada be­berapa aspek yang menjadi indikator penting untuk merevisi UU Pertanahan seperti Penguasaan, ke­pe­milikan, kemamfaatan, Sek­toralisme sumberdaya agra­ria yang tidak terkendali,? Keberadaan HGU, HGB, Hak Pakai bertentangan dengan tanah ulayat.

"Maka dari itu masukan-ma­sukan yang dalam dis­kusi Uji sahih bersama UR ini sangat kami butuhkan untuk ?kelengkapan data revisi UU pertanahan yang akan di­ajukan ke DPR RI," singkat Iin. (hr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Februari 2016 - 01:25:54 WIB

    DPD RI Kunjungi Tanjunguncang

    TANJUNGUNCANG, HALUAN — Komite II DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Bandar Abadi Shipyard, Tanjunguncang, Senin (22/2) untuk menampung ke­luhan dan masukan dari Peme­rintah Daerah maupun pengu­saha..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]