Telkom Bangun Data Center di Singapura


Kamis, 11 Juni 2015 - 19:23:27 WIB
Telkom Bangun Data Center di Singapura

Telin Singapore Data Center and Communication Hub merupakan salah satu bentuk sinergi regional an­tara Indonesia dengan Singa­pura. Hal ini ditandai de­ngan kepercayaan Peme­rintah Singapura kepada Telin Singapore untuk mem­buka data center di Jurong. Data center yang dinamakan Telin-3 ini menjadi data center ketiga yang dimiliki dan dikelola oleh Telin Si­nga­pore setelah data center yang berada di Changi dan Tai Seng.

Baca Juga : Ada Apa? Sir Alex Ferguson Tiba-tiba Tulis Surat Selamat Tinggal ke Keluarga

Telin Singapore, sebagai anak perusahaan Telin, me­lalui proses tender telah dipercaya oleh Pemerintah Singapura, yaitu Infocomm Development Authority of Singapore (iDA), Singapore Economic Development Board (EDB) dan Jurong Town Corporation (JTC) untuk membangun dan meng­operasikan data center di Jurong. Data center terse­but akan dibangun di atas lahan seluas 8,000 meter persegi dengan gross floor area seluas 20,000 meter persegi berupa gedung 5 lantai. Data center yang di­tar­getkan beroperasi pada triwulan ketiga tahun 2016 tersebut diharapkan dapat memperkuat posisi Telin Singapore sebagai strategic hub bagi Telkom Group yang menghubungkan In­donesia dengan belahan dunia lainnya.

Menurut riset sebuah perusahaan penelitian tek­nologi, TechNavio, pasar data center di Asia Tenggara diharapkan berkembang hingga CAGR, mencapai 18.05% dari tahun 2014 hingga 2019, didorong de­ngan meningkatnya kebu­tuhan untuk cloud com­puting dan big data analytics.

Baca Juga : Israel Diramal akan Lenyap dalam 25 Tahun ke Depan

Telin-3 dirancang untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan layanan data cen­ter premium, tidak hanya di Singapura namun juga untuk kawasan regional dan global market dimana Telin Singa­pore akan berperan sangat penting dalam menyediakan layanan konektivitas tele­komunikasi global yang dapat diandalkan, aman dan stabil. Fasilitas ini dibangun untuk memenuhi desain Multi-Tier dan dapat bero­perasi secara optimal.

CEO Telkom Group Alex J Sinaga mengatakan, Telin-3 akan memperkuat strategi inisiatif bagi bisnis internasional Telkom Gro­up. “Telin-3 merupakan sa­lah satu investasi kami di luar negeri yang sejalan dengan strategi per­tum­bu­han untuk memperkuat la­ya­nan kami dalam rangka menghubungkan mitra bis­nis dan pelanggan dalam suatu digital supply chain,” ungkap Alex J. Sinaga.

Alex menambahkan, aksi korporasi ini merupakan sebuah pengalaman dan kesempatan yang baik bagi Telkom Group dalam me­mulai pengembangan data center dan hub tele­ko­mu­nikasi, sehingga mampu men­dorong pertumbuhan data creation dan digital business ecosystem untuk menciptakan pertumbuhan kompetitif yang ber­ke­lan­jutan bagi kita semua dalam industri ICT.

Sementara itu, Septika Noegraheni Widyasrini, CEO Telin Singapore me­nga­takan, groundbreaking ceremony Telin-3 menandai suatu langkah penting bagi Telin Singapore. “Ini me­rupakan kerjasama yang kedua Telin Singapore di bawah Special Direct Invest­ment Incentive Scheme de­ngan EDB, iDA, dan JTC setelah investasi fasilitas pertama kami di Changi. Telkom Group telah ber­investasi selama beberapa tahun belakangan ini untuk membangun dan mem­per­oleh aset strategis, kini kami akan segera memiliki in­frastruktur terbaru dengan selesainya pembangunan Telin-3,” jelas Septika.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang tele­komunikasi dan penyedia jaringan terluas dan terbesar di Indonesia, Telkom terus berkomitmen untuk menga­lokasikan re­source-nya de­ngan mem­berdayakan in­frastruktur dan network yang dimiliki. Melalui Telin selaku anak usaha yang ber­fungsi sebagai perpanjangan tangan dalam menjalankan bisnis inter­nasional, Telkom telah hadir melalui footprint di sepuluh negara, salah satunya di Singapura tutup Alex J.Sinaga dalam pers rilis yang diterima Haluan, Kamis (11/6). (h/dj)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]