Warga Manggopoh Temukan Harimau Sumatera


Kamis, 11 Juni 2015 - 19:24:24 WIB

Tetapi ketika  Anem melewati kebun pada Kamis pagi, ia menemukan anak harimau tersebut dalam keadaan lemas. Anak hari­mau yang masih sangat mu­da tersebut tidak me­nunjuk­kan respon saat Anem men­dekati. Karena khawatir dengan keselamatan anak harimau tersebut, ia ber­inisiatif menyelamatkan dan membawanya ke rumah.

“Anak harimau itu ke­mungkinan terpisah dari rombongannya. Anak hari­mau tersebut lebih kurang sebesar kucing. Taringnya sudah mulai tumbuh. Saya kira sebelumnya adalah hari­mau dahan, namun seper­tinya spesies ini adalah anak harimau sumatera karena memiliki belang kuning hitam,” katanya.

Anem menangkap bina­tang bertaring tersebut meng­gunakan sarung saat hendak mandi ke sungai melewati kebun jagung di belakang rumah.  “Saat saya hendak mandi,  harimau tersebut sedang terbaring dan lemas. Ke­mudian saya menggunakan sarung me­nga­mankan anak harimau tersebut untuk meng­hindari cakaran,” je­lasnya.

Ia mengatakan, saat ini hewan tersebut masih berada dalam pengawasannya, ia memberikan daging ayam untuk makan hewan spesies yang dilindungi itu.

“Untuk sementara saya merawat anak harimau, sebe­lum pihak berwenang meng­evakuasinya,” ungkap Anem.   Sementara itu Ke­pala Seksi Konservasi Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah I Sumbar, M Zaidi me­nga­ku, sudah menerima informasi terkait penemuan anak harimau oleh masya­rakat di Batu Hampa. Ia juga sudah mengerahkan petugas untuk meninjau jenis spesies tersebut.

“Kami sudah terima in­for­masi tersebut. Saat ini petugas sudah dikerahkan untuk mencek ke lapangan. Jika benar spesies itu adalah harimau sumatera bakal kita selamatkan. Penyeyab ke­napa anak harimau tersebut terpisah hingga ke per­ke­bunan masyarakat belum diketahui,” jelasnya. (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]