Warga Manggopoh Temukan Harimau Sumatera


Kamis, 11 Juni 2015 - 19:24:24 WIB
Warga Manggopoh Temukan Harimau Sumatera

Tetapi ketika  Anem melewati kebun pada Kamis pagi, ia menemukan anak harimau tersebut dalam keadaan lemas. Anak hari­mau yang masih sangat mu­da tersebut tidak me­nunjuk­kan respon saat Anem men­dekati. Karena khawatir dengan keselamatan anak harimau tersebut, ia ber­inisiatif menyelamatkan dan membawanya ke rumah.

Baca Juga : BPBD Sumbar: Jangan Telan Mentah-mentah Informasi Bencana di Media Sosial

“Anak harimau itu ke­mungkinan terpisah dari rombongannya. Anak hari­mau tersebut lebih kurang sebesar kucing. Taringnya sudah mulai tumbuh. Saya kira sebelumnya adalah hari­mau dahan, namun seper­tinya spesies ini adalah anak harimau sumatera karena memiliki belang kuning hitam,” katanya.

Anem menangkap bina­tang bertaring tersebut meng­gunakan sarung saat hendak mandi ke sungai melewati kebun jagung di belakang rumah.  “Saat saya hendak mandi,  harimau tersebut sedang terbaring dan lemas. Ke­mudian saya menggunakan sarung me­nga­mankan anak harimau tersebut untuk meng­hindari cakaran,” je­lasnya.

Baca Juga : 17 Napi Rutan Kelas IIB Maninjau Dapat Remisi Idul Fitri

Ia mengatakan, saat ini hewan tersebut masih berada dalam pengawasannya, ia memberikan daging ayam untuk makan hewan spesies yang dilindungi itu.

“Untuk sementara saya merawat anak harimau, sebe­lum pihak berwenang meng­evakuasinya,” ungkap Anem.   Sementara itu Ke­pala Seksi Konservasi Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah I Sumbar, M Zaidi me­nga­ku, sudah menerima informasi terkait penemuan anak harimau oleh masya­rakat di Batu Hampa. Ia juga sudah mengerahkan petugas untuk meninjau jenis spesies tersebut.

“Kami sudah terima in­for­masi tersebut. Saat ini petugas sudah dikerahkan untuk mencek ke lapangan. Jika benar spesies itu adalah harimau sumatera bakal kita selamatkan. Penyeyab ke­napa anak harimau tersebut terpisah hingga ke per­ke­bunan masyarakat belum diketahui,” jelasnya. (h/yat)

BERITA POPULER Index »


BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]