Mudik, KendaraanHarus Prima


Jumat, 12 Juni 2015 - 16:36:49 WIB
Mudik, KendaraanHarus Prima

Di seluruh pelosok tanah air, apalagi di Sumbar, arus mudik dan balik ditandai dengan ber­duyun-duyunnya orang di peran­tauan untuk pulang ke kampung hala­man. Tentunya kendaraan yang akan dipakai untuk menem­puh perjalanan jauh harus diper­siapkan seoptimal dan seprima mungkin.

Baca Juga : Askara Parasady Tuding Nindy Ayunda Selingkuh, Ada 38 Bukti

Muhammad Wilson, owner Wilson Motor, membagi bebe­rapa tips kepada para pembaca Haluan otomotif Minggu (14/6) ini. Beberapa kesiagaan pada mo­bil dijelaskannya cukup rinci agar pa­ra pemudik dapat menempuh perjalanan dengan nyaman dan aman sampai ke tujuan.

“Mesin adalah hal yang paling pokok dipersiapkan pada mobil, mo­bil harus prima sebelum me­nem­puh perjalanan jauh. Apalagi saat mobil akan digunakan untuk menempuh perjalanan ratusan kilometer. Jika hal ini dise­pe­lekan tentu akan berakibat fatal. Mobil bisa mogok, bahkan bisa mem­­­bahayakan keselamatan ka­re­na mengundang kecelakaan,” ucap Wilson memulai perca­kapan.

Baca Juga : Nathalie Holscher Umumkan Kehamilan Anak Pertama

Wilson menjelaskan, service tune up (ringan) pada mobil harus dilakukan minimal 10 atau 15 hari sebelum melakukan perja­lanan. Sebelumnya, upayakan pula servis besar (bongkar mesin) sebulan sebelum perjalanan. Ter­lebih untuk mobil yang akan diba­wa dalam perjalanan dengan jarak tempuh mencapai seribu kilo­meter. Karena banyak juga pemu­dik Sumbar yang datang dan kem­bali dari aktifitas di Pulau Jawa.

Dalam servis tune up, lanjut­nya, hal penting yang perlu dilihat antara lain ketersediaan air radia­tor, air aki, kualitas busi, filter minyak, kualitas oli, kualitas vanble atau tali kipas, lampu-lam­pu, kabel-kabel, wiper kaca, ban, pendingin serta sistem pengapian.

Baca Juga : Dituding jadi Pelakor Kisruh Sule-Nathalie, Tisya Erni: Semua Terjadi Bukan Kebetulan

Kemudian, setelah semua hal itu dipastikan dalam kondisi prima. Satu persatu komponen penting harus dicek secara mak­simal. Jika terjadi kerusakan pada komponen utama, segera lakukan penggantian komponen dengan barang yang baru dan bukan abal-abal.

Wilson menjelaskan beberapa komponen penting. Untuk kop­ling, terdapat dua sistem kopling pada mobil yaitu sistem tali dan hidrolik. Untuk kopling sistem tali, pastikan tali kopling dalam keadaan bagus dan tidak aus, dan jika sudah jelek harap diganti dengan yang baru. Sedangkan untuk hidrolik, pastikan pula sentra kopling dalam keadaan bagus, artinya jangan biarkan sentra tersebut mengalami kebo­coran.

Baca Juga : Duh! Nathalie Holscher Dihujat Warganet, Gegara Bongkar DM Sule dan Diduga Cemburu Terhadap Lina Jubaedah

Kemudian untuk oli, pastikan ketiga oli yang terdapat pada mobil, yaitu oli mesin, oli trans­misi dan oli gardan, dalam ke­adaan bagus. Upayakan meng­ganti oli dengan yang baru apabila mobil akan digunakan untuk keperluan perjalanan jauh. Selain kopling dan oli, Rem adalah nyawa saat berkendaraan. Pas­tikan rem utama serta rem tangan dalam kondisi bagus. Banyak kendala yang dite­mukan saat pengendara mobil menyepelekan dua hal di atas. Seperti pada rem, kerusakan akibat kelalaian pada penggantian kampas rem dapat menyebabkan rem blong, se­hingga bisa ber­akibat fatal saat di perjalanan. Belum lagi penye­pelean soal kopling dan oli.

“Jika kopling disepelekan pe­ngecekannya, tentu akan meng­ganggu sistem gear pada mobil. Akibatnya mo­­bil tidak bi­­sa jalan. Akan sangat meng­kha­wa­tir­kan ji­ka itu terjadi di jala­nan le­ngang.­ Begitu juga pa­­da ke tiga oli mobil. Ha­rus dalam kon­disi ba­gus. Ka­rena ka­lau jelek da­­­­pat me­­nye­bab­­kan mo­bil gim (ma­­ti men­­da­dak),” lan­­jut Wilson lagi.

Wilson mo­tor sendiri sudah berdiri sejak 2005 dan dileng­ka­pi dengan fa­si­litas per­bai­kan atau reparasi bagi segala jenis mobil. Tapi fokus Wilson Motor adalah reparasi dan ketersediaan suku cadang mobil produksi Jepang dan Korea.

“Jelang Ramadan dan lebaran memang banyak mobil yang ma­suk untuk diservis. Karena pe­langgan akan mudik nantinya. Kinerja empat mekanik saya cu­kup mam­pu mengatasi masa­lah-ma­salah yang ditemukan pada mo­bil pelang­gan,” ujar Wilson opti­mis.

Selain menyediakan servis re­parasi, baik tune up maupun bongkar mesin. Wilson Motor yang berada di Jalan Raya Dr M Hatta No.5 Padang juga me­­­­­nye­­diakan suku cadang leng­kap de­ngan harga yang ter­jangkau dan dapat dise­su­aikan dengan kan­tong pelang­gan. Sehingga tidak meng­heran­kan, sudah banyak pelang­gan tetap yang tidak mau beralih dari Wilson Motor untuk me­nyervis mobil mereka. (*)

 

Laporan: JULI ISHAQ PUTRA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]