Manjakan Diri Bersama Alam


Jumat, 12 Juni 2015 - 16:42:53 WIB
Manjakan Diri Bersama Alam

Diantara titik kunjungan air terjun dikenal dengan nama, Sarasah Bunta, nga­lau Seribu dan ngalau do­nat-karena bentuknya bulat menyerupai kue donat. Ekst­rim­nya, untuk naik dan masuk kedalam goa donat itu, pengunjung harus me­man­jat ratusan anak tangga yang dibuat secara manual masyarakat setempat. De­ngan ketinggian mencapai 80 meter dan kecuraman 160 derjat, memancing nya­li  Anda, untuk sampai ke gua donat.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

Karena itu, tak lengkap rasanya bila anda ber­kun­jung ke Kabupaten Lima­puluh Kota, bila tidak me­mi­jakan kaki dan mera­sakan dinginnya air terjun yang terletak Jorong Solok Bio-Bio nagari Harau, keca­matan Harau. Air terjun tiga tingkat yang terletak dibawah kaki bukit ngalau seribu memiliki ketinggian mencapai 30 meter.

Air terjun tersebut terle­tak dikawasan wisata lem­bah Harau yang berlokasi tidak jauh dari pemukiman masyarakat Jorong Solok Bio-Bio. Untuk men­jang­kau air terjun tersebut, bisa dengan berjalan kaki dan mengunakan sepeda gu­nung. Suguhan alam dan dinding terjal lembah men­jadi pemandangan yang sa­ngat indah selama perja­lanan menuju Air terjun Kaki Bukit Ngalau Seribu.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

Setiba ditempat wisata Lembah Harau, Anda dapat menikmati berbagai pilihan objek, seperti menikmati keindahan air terjun dan berendam untuk menye­garkan badan. Tidak hanya air terjun, Goa atau Ngalau Seribu yang terletak jauh diatas air terjun menjadi alternatif bagi wisatawan. Selain menikmati kein­dahan lembah Harau dari ketinggian, goa tersebut juga memberikan keindahan dan ketenangan. Tak aneh pada hari libur atau akhir pekan, goa seribu ramai dikun­jungi.

Menurut Dato Suwar (68), seorang warga Harau yang selalu mendampingi wisatawan lokal maupun asing untuk naik ke bukit Goa Seribu, selain bebera­pa air terjun yang ada di lembah Harau, Goa Seri­bu mampu membuat wisa­ta­wan asing betah berada di goa tersebut hingga berhari-hari lamanya. “Pernah salah satu wisatawan asing asal Inggris menghabiskan wak­tu satu bulan disana,” ung­kap Dato Suwar.

Baca Juga : Kunjungan Kerja ke Sumbar, Sandiaga Uno Ingin Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Segera Bangkit

Lain lagi pendapat Rino, salah seorang pengunjung Ngalai Seribu. Ia datang bersama sejumlah anggota gowesnya yang tergabung dalam Sei Beringin (Se­beng) Gowes. Menurutnya, dari belasan air terjun yang pernah ia kunjungi di Lima­puluh Kota, Tanahdatar dan sekitarnya. Baru kawasan Harau yang mampu mem­berikan banyak pilihan. Sebab, selain membu­tuh­kan tenaga lebih untuk men­­capai ngalau, ke­ane­ka­ra­gaman tanaman dan ben­tuk air terjun, memberikan sebuah pilihan yang patut disyukuri.

“Rasanya baru kali ini saya mendapatkan kunju­ngan yang berfariasi. Selain ada suguhan air terjun, ada juga pemicu adrenalin yang disuguhkan dengan adanya tebing-tebing tinggi. Kecu­raman dan keindahannya, membuat pengunjung pasti senang. Penat dalam perja­lanan, akan terobati, “pastinya.

Baca Juga : Kolam Pemandian Hotwater Boom Solsel Tetap Buka, Satpol-PP Gelar Patroli

Jika anda ingin mera­sakan keindahan alam sam­bil bersepeda juga mera­sakan dinginya air saat berendam, maka ini adalah salah satu tempat yang tepat dan akan memanjakan diri anda dengan alam. ***

 

Narasi: JONRES

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]