Pessel Dapat Gilingan Padi Modern


Jumat, 12 Juni 2015 - 19:21:01 WIB

Bupati Pessel Nasrul Abit Jumat (12/6) menye­butkan, mesin gilingan padi ini akan menjadi pusat pe­ngo­lahan padi pasca panen di Pesisir Selatan. Nanti akan keluar beras merk dagang Pessel untuk selan­jutnya dilempar ke pasar.

“Jadi diharapkan beras Pessel punya na­ma sendiri dan tidak dimain­kan merek dagang lainnya. Gilingan padi memiliki banyak ke­ung­gulan, selain dapat me­ng­giling padi dengan cepat juga mampu menam­pung produksi padi se Pesisir Selatan untuk diolah,” ka­tanya. Gilingan padi modern ini sangat penting bagi Pessel mengingat daerah itu segera mewujudkan peningkatan produksi padi yang jauh lebih besar.

Kepala Dinas Pertanian Pessel Afri­zon Nazar me­nye­butkan, daerah tersebut memiliki luas sawah 30.344 hektare dan terluas di Sum­bar. Dari jumlah itu 20.834 hektare beririgasi, 8.834 lahan tadah hujan, 356 pa­sang surut dan 320 lahan lebak. Sementara produksi padi selama lima tahun bela­kangan terjadi peningkatan.

“Tahun 2015 ini produk­si padi sebesar 299.200 ton, meningkat 7,9 persen dari tahun 2013 lalu yang hanya mencapai 26.272 ton,” kata­nya.

Untuk mencapai tam­bahan target produksi padi 85 ribu ton di Pessel, TNI juga menggelar operasi mili­ter non perang. Terkait hal itu jajaran Kodim 0311/PSS turunkan seluruh ke­kua­tan untuk men­dampingi petani.

Komandan Distrik Mili­ter 0311/PSS Letnan Kolo­nel Inf Joko M menye­but­kan, sesuai perintah Pang­­lima TNI, seluruh pim­pinan kesatuan pada wilayayah teritorial men­urun­kan pasu­kannya mendampingi peta­ni. Ditingkat kecamatan, Danramil menurunkan Ba­bin­sa mendampingi petani.

Kepala Badan Keta­ha­nan Pangan dan Penyuluh (BKPP) Pessel Emirda Ziz­wati menyebutkan,  kebu­tuhan beras di Pesisir Selatan dalam setahun sekitar 59 ribu ton. Berdasarkan angka itu ketahan pangan Pessel cukup baik jika diban­ding­kan dengan produksi beras Pessel. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]