BUMD Harus Terlepas dari Birokrasi Pemda


Jumat, 12 Juni 2015 - 19:23:20 WIB
BUMD Harus Terlepas dari Birokrasi Pemda

"Sementara untuk menjadi perusahaan yang sukses harus mengambil kebijakan yang cepat dan tepat, ini harus dibenahi," terangnya. BUMD milik Pemprov Sum­bar sudah memenuhi Good Cor­porate Governance (GCG), karena sebelumnya juga telah mendapatkan arahan dari Badan Pemeriksaan Keuangan Peme­rintah Perwakilan Provinsi (BPKP) Sumbar. Selain itu dari enam BUMD pemprov, hanya dua yang masih merugi, yakni, PT Andalas Tuah Sakato, PT Dinamika.

Baca Juga : Gelombang Tinggi, Nelayan di Padang Bisa Habiskan Waktu 12 Jam Mencari Ikan

Sementara Bank Nagari, Gra­fika, Pembangunan Sumbar sudah mendapatkan untung. Untuk Ba­lairung, secara bisnis untung, namun pada audit dicatat merugi. Alasannya, karena tingginya penyusutan nilai ekonomis gedung menyedot keuntungan bisnis.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Sumbar, Irwan Pra­yitno. Menurutnya, BUMD di Sumbar belum sepenuhnya mem­berikan manfaat dan dampak sesuai dengan maksud pendirian­nya. Selai itu kata Gubernur, Usaha Mikro Kecil dan Mene­ngah (UMKM) memiliki peran yang penting dalam menjaga kestabilan pertumbuhan ekonomi di Sumbar, dimana sampai saat ini  jumlah persentase UMKM yang ada di Sumbar mencapai 98 persen.

Baca Juga : Hendri Septa Resmikan Bedah Rumah Bantuan Perumda Air Minum di Intake Guo Kuranji

"Pemerintah mendukung pe­nuh dan perlu pembaharuan manajemen dan pilihan objek yang di kembangkan BUMD. Serta Peningkatan BUMD harus melalui kelolaan yang baik," ungkap Irwan.

Dikatakannya, untuk mening­katkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan peker­jaan perlu membangun dan membantu potensi yang ada di masyarakat melalui penguatan industri kreatif dan berfokus pada kebutuhan dan kondisi di masyarakat.

"Kita jangan mencoba hal-hal yang baru yang memungkinkan untuk terjadinya kegagalan  akan tetapi disesuikan saja dengan kondisi, karakter dan potensi di daerah agar menguntungkan," ucapnya.

Dengan pengembangan BUMD ke bidang-bidang yang strategis dan profitable serta pe­ngelolaan yang profesional dan transparan diharapkan mampu berkontribusi lebih banyak lagi bagi APBD dan pembangunan daerah.

Tujuan dibentuknya BUMD untuk meningkatkan kesejah­teraan masyarakat. Dalam mencapai kesejahteraan dengan men­dorong peningkatan pertum­bahan ekonomi.  (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]