Arang Pariaman Tembus Pasar Mancanegara


Ahad, 14 Juni 2015 - 19:33:34 WIB

Ia mengatakan, arang batok kepala tersebut digunakan sebagai bahan bakar untuk membakar makan-makanan seperti ikan, ayam, daging, dan sebagainya.

Sementara di pasaran luar negeri, barang tersebut digunakan untuk bahan penyaring air, minyak serta bahan baku karbon.

Ia menjelaskan, dalam satu hari dirinya mampu memproduksi 1,5 ton arang, dimana setiap kilogram arang kini dijual dengan harga Rp4.500. “Harga tersebut berada pada level normal, selain itu juga pernah mengalami kenaikan diatas Rp5.000,” katanya.

Ia menyebutkan, dalam menggeluti usahanya tersebut, dia dibantu oleh 12 orang karyawannya untuk meningkatkan hasil produksinya, dimana setiap orang digaji Rp50.000 per hari.

Jumlah karyawan tersebut jauh menurun diban­dingkan beberapa tahun yang lalu, sebab pada waktu itu di Padangpariaman hanya dia sendiri yang menggeluti usaha tersebut. “Melihat hasil yang didapatkan dari usaha ini begitu menggiurkan, maka banyak masyarakat yang menggelutinya,” katanya.

Karena itulah, karyawannya yang semula berjumlah 80 orang pindah pada pengusaha yang lain serta ada juga yang membuka usaha sendiri.

Ia menambahkan, sebelum Ramadan permintaan arang di pasar lokal megalami penurunan dibanding hari biasa sementara untuk pasar mancanegara tidak mengalami pengurangan. Penurunan permintaan di pasar lokal itu, menurutnya karena banyak rumah makan yang tidak beroperasi saat puasa.

Salah seorang warrga Padangpariaman, Andi Rais, menyarankan pemerintah setempat untuk melakukan pembinaan serta mencarikan pemasaran arang batok kelapa itu.

Menurutnya, jika pemerintah mampu menjualnya langsung kepada konsumen tanpa melalui distributor akan menambah nilai jual serta akan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha tersebut. (h/ans)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 10:38:49 WIB

    Khawatir Dipakai Intelijen China, Trump Akan Larang Aplikasi TikTok

    Khawatir Dipakai Intelijen China, Trump Akan Larang Aplikasi TikTok HARIANHALUAN.COM - Hari ini Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana menandatangani perintah eksekutif untuk melarang aplikasi video singkat milik China, TikTok, di AS. Otoritas AS khawatir TikTok akan digunakan o.
  • Senin, 27 Juli 2020 - 22:28:54 WIB

    Negara Ini Larang Penerbangan dari Indonesia dan Malaysia

    Negara Ini Larang Penerbangan dari Indonesia dan Malaysia HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kamboja memutuskan melarang sementara kedatangan melalui penerbangan dari Indonesia dan Malaysia karena mendeteksi kasus infeksi baru virus corona (Covid-19) dari para penumpang pesawat..
  • Senin, 06 Juli 2020 - 13:43:39 WIB

    Sedih, Jamaah Haji 2020 Dilarang Sentuh Kakbah

    Sedih, Jamaah Haji 2020 Dilarang Sentuh Kakbah HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk membatasi pelaksanaan Haji 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona. Melalui Pusat Pencegahan Penyebaran Penyakit (CDC), Pemerintah Arab Saudi merilis aturan Haji 2.
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 08:16:16 WIB

    Bertempur dengan Ukraina, Pasukan Rusia Pakai Senjata Terlarang

    Bertempur dengan Ukraina, Pasukan Rusia Pakai Senjata Terlarang HARIANHALUAN.COM – Situasi di wilayah Donbas, Ukraina, mencekam dalam 24 jam terakhir. Pasukan Gabungan Rusia dikabarkan berhasil memukul pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU), usai melancarkan 16 serangan di 12 desa d.
  • Ahad, 07 Juni 2020 - 11:56:13 WIB

    Jeddah Lockdown Lagi, Salat di Masjid Ditangguhkan dan Pekerja Dilarang Bekerja di Kantor

    Jeddah Lockdown Lagi, Salat di Masjid Ditangguhkan dan Pekerja Dilarang Bekerja di Kantor HARIANHALUAN.COM - Arab Saudi kembali menerapkan jam malam di Jeddah dari pukul 15.00 hingga pukul 06.00 selama dua pekan, dimulai pada Sabtu. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona, dikutip Reuters..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]