Makam Umi Latifah Dipindahkan ke TMP


Ahad, 14 Juni 2015 - 19:34:45 WIB

Pemindahan makam ter­sebut, sehubungan dengan rencana pekerjaan pelebaran Ja­lan Sudirman Pa­ya­kum­buh, tahun ini. Ke­te­rangan Camat Pa­ya­kumbuh Utara Nofriwandi, SH, Minggu (14/6) menyebut, kese­pa­katan pemindahan lewat musyawarah yang dipimpin langsung Walikota Riza Falepi bersama sejumlah anggota keluarga, seperti dr.Halim Wajdi Abbas (70 th), Salman Kandis (66 th) dan Huadi Abbas (64 th).

Musyawarah se­belumnya dilakukan di atas Masjid Baitul Salam Koto Baru Balai Janggo, yang juga diha­d­iri Lurah dan pengurus LPM serta tokoh ma­sya­rakat setempat. Saat pem­bongkaran dan penggalian makam, selain disaksikan sejumlah keluarga al­mar­hum, juga dihadiri Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Payakumbuh, Idris, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, Kabid Bina Marga Zul Arman, Lurah dan pengurus LPM Ke­lu­rahan Koto Baru Balai Jang­go serta puluhan masyarakat lainnya.

Pemindahan makam La­tifah ke Taman Bahagia di TMP Kusuma Bangsa, di­nilai banyak kalangan cukup tepat. Karena masyarakat akan semakin mengenal tokoh pejuang pendidikan nasional, almarhum Latifah, ujar Ketua KAN Koto nan Gadang, H.I. Dt. Rajo Mun­tiko Alam dan pemuka ma­syarakat Napar, buya Azrai Yahya secara terpisah.

“Semangat perjuangan Latifah dalam mendirikan dan mengelola sekolah Di­niyah Puteri di Paya­kum­buh, seyogianya diteladani oleh generasi muda kota Payakumbuh, dan di­ha­rap­kan ke depannya, se­makin banyak lahir Latifah-La­tifah baru di kota ini, “se­butnya.

Sedangkan Kepala Di­nas PU Payakumbuh Marta Minanda, melalui Kabid Bina Marga setempat, H. Zul Arman, yang dihubungi di Payakumbuh, kemarin me­ngatakan, pekerjaan jalan sekitar 3km itu terdapat pada dua sisi jalan Sudirman, namun yang akan rampung sebelum lebaran mendatang pada satu sisi sebelah kanan dari Simpang Benteng ke Muaro.

Dikatakan, untuk pe­nger­jaan pada satu sisi lagi akan dimulai selepas lebaran nanti. Namun diharapkan tahun anggaran 2015 ini seluruh pekerjaannya di­harapkan sudah rampung dilaksanakan. Termasuk pe­ngas­palan jalan yang di­lebarkan itu memakai ho­t­mix, seperti yang telah di­kerjakan pada pelebaran tahun 2014 lampau.

“Pelebaran Jalan Su­dirman, diharapkan mampu mengatasi kemacetan lalu­lintas dikawasai itu, uta­manya pada H-7 hingga H+7, sehingga perantau yang pulang kampung dari Riau dengan tujuan ke ber­bagai kabupaten/kota di Su­matera Barat tidak me­nga­lami kemacetan ketika me­lewati jalan tersebut,” ulas­nya. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]