Mahyeldi: Balimau Tidak Dianjurkan Dalam Islam


Ahad, 14 Juni 2015 - 19:43:42 WIB

Kebiasaan balimau ini dianggap menyesatkan dan ditentang Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah. Di­kata­kannya, balimau tidak ada dianjurkan dalam Islam. “Balimau tidak ada di­anjur­kan di dalam Islam. Itu buk­an budaya kita, tidak ada itu balimau ke sungai, ke lubuk, kemudian ber­cam­pur-baur,” sebutnya dalam suatu ke­sempatan baru-baru ini.

Menurut Mahyeldi, ba­li­mau tidak akan mem­penga­ruhi pahala puasa. Akan tetapi, balimau justru dapat merusak pahala. “Balimau tidak akan mempengaruhi pahala puasa kita,” tuturnya.

Wako mengimbau ke­pada seluruh masyarakat, untuk tidak melakukan ba­limau sehari menjelang pu­asa. “Kepada niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, tokoh masyarakat serta se­luruh warga Kota Padang untuk tidak balimau dan menjaga anak kemenakan dari tradisi menyesatkan tersebut,” imbaunya.

Wako juga mengatakan, jika ingin melakukan ba­li­mau, bukan dengan mandi-mandi di sungai ataupun lubuk bersama-sama. Akan tetapi, dengan ber­silatu­rahim dan bermaaf-maafan dengan keluarga, orangtua, tetangga dan karib kerabat. “Dengan bermaafan akan membersihkan hubungan antara kita untuk me­ma­suki bulan puasa,” ujarnya.

Ramadan merupakan bulan baik. Di bulan puasa banyak peluang besar untuk berbuat kebaikan dan mem­­peroleh pahala se­banyak-banyaknya. Mah­yeldi me­nga­takan, Pemko Padang akan mengambil peluang di bulan puasa tersebut. Wako sudah menerbitkan surat edaran kepada seluruh ja­jaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan masyarakat un­tuk melakukan salat subuh di masjid dan musala. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 April 2020 - 17:08:45 WIB

    Mahyeldi: Warga Pendatang Wajib Lapor ke Puskesmas dan RT

    Mahyeldi: Warga Pendatang Wajib Lapor ke Puskesmas dan RT PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang mewajibkan seluruh masyarakat yang baru datang dari wilayah yang terpapar virus Corona atau Covid-19 diwajibkan untuk melapor kepada petugas kesehatan maupun RT/ RW s.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 23:17:49 WIB

    Mahyeldi: Tenaga Medis RS Khusus Corona Bakal Menginap di Hotel

    Mahyeldi: Tenaga Medis RS Khusus Corona Bakal Menginap di Hotel PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno telah memutuskan untuk menjadikan dua RSUD di provinsi itu sebagai RS khusus Corona atau Covid-19, yakni RSUD dr Rasidin dan RSUD Pariaman. Hal itu guna mengantisipas.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 22:21:00 WIB

    Selamatkan Kampung, Mahyeldi: Perantau Jangan Pulang Dulu

    Selamatkan Kampung, Mahyeldi: Perantau Jangan Pulang Dulu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengimbau kepada seluruh perantau untuk tidak pulang kampung dulu. Sebab, kedatangan perantau akan membuat warga kampung menjadi was-was, takut terpapar virus.
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 15:09:40 WIB

    Mahyeldi: Senin Pasien ODP Corona Padang Dikarantina

    Mahyeldi: Senin Pasien ODP Corona Padang Dikarantina PADANG, HARIANAHALUAN.COM -- Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah akan karantinakan pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19..
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 18:15:05 WIB

    Sikapi Dampak Corona, Mahyeldi: Jika Tak Aman Padang Bakal Lockdown

    Sikapi Dampak Corona, Mahyeldi: Jika Tak Aman Padang Bakal Lockdown PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Padang menggelar rapat internal yang diikuti seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk para camat se-Kota Padang di Ruang Serbaguna Bagindo Azis Chan, Balai Kota Pad.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]