Pemprov Diminta Optimal Kelola Keuangan Daerah


Ahad, 14 Juni 2015 - 19:49:27 WIB

Tak hanya itu penca­paian belanja daerah dinilai juga belum optimal, yaitunya ha­nya mencapai 95,35 per­sen atau RP3,48 triliun le­bih. Kon­­­di­si ini membuat terdapat sisa be­lanja sebesar Rp169,8 miliar lebih.

“Capaian yang cukup baik terdapat pada pos pen­dapatan daerah, yakninya tercapai 103,22 persen de­ngan nilai Rp3,63 triliun lebih. Namun begitu, Tim Banggar menilai, meski me­lam­paui target masih terdapat potensi penerimaan yang belum mam­pu mem­berikan kontribusi optimal,” papar Raflis.

Di antaranya, lanjut Raflis lagi,  bisa dilihat dari Penda­patan Asli Daerah (PAD) yang ber­sumber dari penge­lolaan kekayaan daerah yang dipisah­kan. Dalam hal ini beberapa BUMD di Sumbar dinilai tak mampu memberi kontribusi terhadap PAD. Kondisi ini terus berulang setiap tahunnya.

Demikian juga untuk be­lan­ja daerah. Meskipun rata-rata realisasi sudah cukup tinggi, yaitu 95,35 persen akan tetapi masih terdapat pengelolaan belanja tak op­timal. Diantaranya, belanja bantuan hibah keuangan kabupaten/kota serta alokasi belanja pegawai yang cukup besar, sehingga menyisakan silpa cukup besar pula Rp29, 78 miliar lebih.

“Sedangkan belanja lang­sung, juga terdapat persoalan yang terulang setiap ta­hun­nya. Di antaranya ada bebe­rapa kegiatan tidak ter­lak­sana karena tak ada ang­garan pendamping,” ucap Sekwan.

Target lain yang juga be­lum sempurna, yakni pen­capaian pertumbuhan eko­nomi hanya 5,85 persen dari yang direncanakan 6,42 per­sen. Lalu, tingkat peng­ang­guran yang direncanakan 5,5 persen, baru tercapai 6,5 per­sen. Sedangkan rata-rata usia lama sekolah, direncakan 71,12 tahun, tercapai 8,71 tahun. Umur harapan hidup  yang direncanakan 71,12 tahun, baru tercapai 70,01 tahun.

Sekaitan dengan Banggar serta fraksi-fraksi di DPRD Sumbar juga menilai realisasi belanja daerah 2014 juga belum dapat mewujudkan beberapa target utama ekono­mi makro daerah 2014 dan juga target RPJMD Sumbar 2010-2015.  “Pengelolaan keuangan dae­rah cukup baik, tapi reali­sasi belanja daerah tak men­jang­kau target pertumbauhan e­konomi makro,” ujar Saidal Masfiyuddin saat mem­baca­kan pandangan akhir fraksi Golkar.  (h/mg-len)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 06:05:41 WIB

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menutup sementara jalur penerbangan Internasional sebagai upaya pencegahan Covid-19..
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 18:14:04 WIB

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar Pemprov Sumbar bakal mengembangkan pelabuhan Muaro Batang Arau menjadi ikon baru untuk menarik wisatawan dan menggairahkan roda perekonomian masyarakat. Pelabuhan yang merupakan jalur transit dari Eropa ke Jawa itu bakal disu.
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:31:48 WIB

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta 

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menutup tempat hiburan malam bermasalah tanpa menimbulkan polemik dan kegaduhan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pemko Padang..
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:31:48 WIB

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta 

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menutup tempat hiburan malam bermasalah tanpa menimbulkan polemik dan kegaduhan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pemko Padang..
  • Kamis, 22 Maret 2018 - 02:30:51 WIB
    SOAL MEGATHRUST

    BMKG Ingatkan Pemprov

    BMKG Ingatkan Pemprov PADANG, HALUAN — Ancaman gempa dahsyat belum surut di Sumbar mengingat potensi Megathrust Mentawai masih harus disikapi oleh Pemprov Sumbar.  Melihat kondisi itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  meng.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]