Satu Lagi Germo Ditangkap


Ahad, 14 Juni 2015 - 19:51:12 WIB

Kapolresta Padang Kom­­­­bes Pol Wisnu An­dayana didampingi Kasat Reskrim Kompol Franky M. Monathen kemarin me­nga­takan, penangkapan ter­hadap germo tersebut me­rupakan rentetan dan pe­ngembangan dari tangkapan sebelumnya.

“Dari hasil tersebut, Ini membuktian kami serius mengungkap prostitusi anak di bawah umur yang ter­selubung di Kota Padang. Yang jelas, siapa saja pelakunya akan kami tangkap,” kata Wisnu.

Dikatakan Wisnu, dalam ka­sus tersebut mucikari diduga melakukan eksploitasi seksual terhadap anak di bawah umur. Sehingga pelaku akan dijerat dengan pasal 76 i jo pasal 88 UU RI Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dan atau pasal 296 KUHP.

“Kita menjerat pelaku dengan pasal berlapis. Hal tersebut dila­kukan, agar tidak ada lagi pelaku atau germo yang masih mem­perdagangkan anak di bawah umur,” ujarnya, kemarin.

Diceritakan Franky, pe­nang­kapan tersebut berawal ketika salah seorang anggota penegakan hukum (Gakkum) Pol Air Pol­resta Padang menerima broadcast dari pelaku mela­lui Blackberry Messenger (BBM) yang me­na­warkan jasa seksual anak berusia 16 tahun.

Setelah mendapatkan broad­cast itu, guna memastikan kebe­narannya, maka petugas langsung mendatangi hotel yang telah diten­tukan pelaku. Setiba di sana, petu­gas menemukan pelaku de­ngan dua anak asuhnya siap akan dijual, yang berada di salah satu kamar hotel.

Setelah memastikan pelaku menjual kedua anak asuhnya itu, petugas langsung mengamankan mereka dan digiring ke Mapol­resta Padang. “Kita telah me­ngamankan mucikari. Untuk barang buktinya, kita menga­mankan uang tunai sekitar Rp1,2 juta, empat unit handphone dan sepuluh bungkus kondom Sutra,” ujar Franky.

Dikatakan Franky, untuk sta­tus kedua anak asuh mucikari tersebut, penyidik menetapkan kedua wanita tersebut sebagai saksi untuk melengkapi berkas acara pemeriksaan terhadap pela­ku. “Kami telah menerima la­poran polisi dengan nomor LP/929/A/VI/2015-SPKT UNIT III. Hingga sekarang kami masih melakukan pendalaman dan pe­ngem­bangan,” ungkapnya. (h/nas)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]