Permintaan Tinggi, Harga Pinang Naik


Senin, 15 Juni 2015 - 19:07:50 WIB

“Memang kenaikan ha­rga telah terjadi semenjak sepekan terakhir, kenaikan itu terus terjadi hingga se­karang. Awalnya harga pi­nang hanya Rp6.000 per­kilogramnya, lantas setiap hari naik pada nilai tinggi dan terakhir Rp20.000 un­tuk pinang kadar air di bawah tiga persen,” katanya menjelaskan.

Dikatakannya, kena­ikan pinang kini menye­babkan terjadinya penin­g­katan penjualan dari petani kepedagang. Ada gairah ditingkat petani ketika ter­jadi kenaikan harga yang sig­nifikan.

Dia tidak bisa men­je­lakan sampai kapan harga pinang ini bertahan. Namun biasanya kenikan harga memang sangat tergantung kepada permintaan pinang dari luar negeri. “Sepanjang permintaan pinang dari luar negeri tinggi dan produksi sedikit maka biasanya harga pinang tinggi,” katanya.

Selanjutnya, Syamsuar (57), petani pinang di Kam­bang Timur menyebutkan, ia merasa sangat senang dengan terjadinya kenaikan harga pinang yang tinggi tersebut.

“Ketika harga pinang hanya pada kisaran Rp3.­500 hingga Rp6.000 saya tidak bersemangat me­ng­olah pinang. Soalnya tidak sebanding biaya pengo­la­han dengan harga pinang kering dipasaran. Bahkan ketika harga tidak meng­untungkan buah pinang yang masak dibiarkan saja jatuh dari pohonnya,” kata Syamsuar lagi.

Kenaikan harga pinang juga disambut baik oleh petani yang ada di ke­camatan lain, misalnya Koto XI Tarusan, Batang Kapas, Sutera, Ranah Pesisir dan Ling­gosa­ribaganti.(h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]