Pasaman dan Agam Tanpa Calon Independen


Senin, 15 Juni 2015 - 19:11:39 WIB

“Yusuf Lubis sudah mendapatkan mandat dari DPP partai yang akan mengusungnya. Kini tinggal mencari pasangan untuk posisi bakal calon wakil. Selain itu, partai pengusung Yusuf Lubis sudah melakukan komunikasi politik dengan partai-partai yang memiliki kursi di parlemen maupun dengan partai yang tidak punya kursi,” ujar Af, narasumber Haluan yang dapat dipercaya.

Sementara, Kabupaten Agam juga dipastikan nihil calon independen. Hingga ditutupnya pen­daftaran, Senin kemarin, tidak satupun pasangan calon yang menyerahkan dokumen dukungan ke KPU Agam. Nihilnya calon independen menurut pengamat yang juga ketua LSM Komite Masyarakat Agam (Koma), Anizur lantaran syarat yang harus dipenuhi cukup berat, minimal 7,5 persen dari jumlah penduduk dan tingkat ketersebaran du­kungan setengah dari jumlah ke­camatan. Lalu sebagai bukti dukungan warga, pen­dukung harus menyerahkan foto copy KTP dan surat pernyataan.

Sementara itu, partai politik yang anggotanya duduk di DPRD Agam, hingga saat ini juga belum ada yang menyatakan secara terbuka akan men­dukung pasangan calon tertentu. Cuma baru menyatakan mendukung terhadap perorangan, seperti Partai Demokrat yang menyatakan men­dukung kadernya Feri Adrianto dan Partai Nasdem yang mendukung Indra Catri. Calon bupati atau wakil bupati Agam 2015-2020 yang namanya beredar di tengah masyarakat antara lain, Feri Adrianto, Irwan Fikri, Guspardi Gaus, Letkol Rusman, Edwardi, Trinda Farham, Yandril, Rafdinal dan Lazuardi Erman. Namun yang paling aktif ber­sosialisasi dengan memasang spanduk dan poster di tempat-tempat strategis baru Feri Adrianto. (h/tim/ks)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]