Satu Paslon Independen Siap Bertarung


Senin, 15 Juni 2015 - 19:12:10 WIB

Pasangan Ramlan Ir­wan­di, me­nye­rah­kan ber­kas dukungan sebanyak 12.­028 lembar kepada KPU Bu­kittinggi pada Kamis (11/6) lalu. Salah satu ala­san yang akhirnya me­man­tapkan lang­­kah pasangan Ramlan-Ir­wandi untuk ma­ju, adalah ha­sil survey dari lembaga res­mi tahun 2014, yang me­nyatakan bahwa ke­ter­pili­han Ramlan di Kota Bu­kittinggi di atas 50 per­sen.

“Dari hasil survey itu, ternyata warga Bukittinggi masih berkeinginan agar Ramlan bisa menjadi pe­mimpin di Bukittinggi. Jika nanti ditengah jalan ada partai politik yang ber­keinginan bergabung de­ngan Ramlan-Irwandi, kita menerima sebagai partai pendukung,” kata kon­sul­tan pasangan Ramlan- Ir­wandi, Indra.

Ketua KPU Bu­kit­ting­gi, Lemmasrizal me­nga­takan, pada tanggal 23 Juni hingga 6 juli 2015, PPK dan PPS akan melakukan veri­fikasi faktual di lapangan, apakah dukungan itu bisa memenuhi syarat atau ti­dak. “Kita akan umumkan pendaftaran pasangan calon pada 14 Juli hingga 25 Juli 2015 mendatang. Pen­daf­taran pasangan calon itu sendiri akan dibuka pada 26 Juli hingga 28 Juli 2015,” katanya.

Sementara dari Tanah Datar, pasangan calon in­de­penden yang menyerahkan dukungannya ke KPU yak­ni pasangan Erdison Man­syur dan Sultaveri. Pa­sa­ngan ini, menyerahkan ber­kas persyaratan dukungan sebanyak 30.870.000 foto­copy KTP. Erdison beserta Sultaveri dan timnya tiba di KPU Tanah Datar pada sekitar pukul 15.00 WIB, Senin (15/6). Ketua KPU, Arwin saat menerima pen­daftaran ter­sebut menga­takan, KPU menerima pen­daftaran ca­lon dari per­seorangan ha­nya satu pa­sang. “Pen­daf­taran kita tu­tup pukul 16.00 WIB hari ini (kemarin red), berarti hanya satu pasang yang mendaftar pada Pil­kada periode 2015-2020 ini,” sebut Arwin.

Sementara dari Ka­bu­paten Limapuluh Kota, pe­nerimaan pendaftaran ba­kal calon Bupati dan Wakil Bu­pati jalur perorangan, KPU setempat juga me­nerima satu pasangan calon. Yakni pasa­ngan Rifa Yendi-Zulhikmi. “Sampai batas terakhir pe­nye­rahan doku­men du­ku­ngan pasangan calon ja­lur per­orangan, kita hanya me­ne­rima satu pa­sangan calon,” ujar Ismet Aljanatta, Ketua KPU Ka­bu­paten Li­ma­puluh Kota serta Ilham Yusardi Divisi publikasi KPU, Senin (15/6) kemarin.

Rifa Yendi-Zulhikmi didampingi beberapa tim pemenangan pasangan ter­sebut datang ke KPU dua jam sebelum ditutupnya pendaftaran. Yakni pada pukul 14.00 WIB. Pa­sa­ngan tersebut, turut mem­bawa satu Pick Up do­kumen dukungan mereka. “Dari awal, kita telah me­ngantongi sekitar 68ribu dukungan atau hampir 20 persen dari total penduduk Kabupaten Limapuluh Ko­ta,” ungkap Rifa Yendi.

Tetapi, saat penyerahan do­kumen ke KPU, pa­sa­ngan Rifa Yendi-Zulhikmi hanya menyerahkan seba­nyak 51.­224 dokumen du­ku­ngan yang tersebar di 13 keca­ma­tan se Kabupaten Lima­puluh Kota. “Se­ba­nyak 18­ribu do­ku­men du­ku­ngan yang telah ter­­kum­pul dicuri orang saat disim­­pan di se­kre­­­tariat kita. Si­sanya hanya 51.224 dan inilah yang kita daf­­tar­kan ke KPU. Alham­du­lilah, total du­k­ungan kita jauh melebihi jum­lah mini­mum yang di­harus­kan KPU,”­ jelasnya. (h/wan/ril/fma/ddg)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]