PILKADA BUKITTINGGI, TANAH DATAR DAN LIMAPULUH KOTA

Satu Paslon Independen Siap Bertarung


Senin, 15 Juni 2015 - 19:12:10 WIB
Satu Paslon Independen Siap Bertarung

BUKITTINGGI, HALUAN — Senin (15/6), tepat sekira pukul 16.00 WIB, KPU seluruh kabupaten kota yang akan menggelar Pilkada serentak 2015, secara resmi menutup pe­ne­rimaan pendaftaran kandidat pasangan calon (paslon) kepala daerah yang akan maju menggunakan jalur perorangan (independen).

Di Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanah Datar dan Limapuluh Kota, helat pilkada di tiga daerah itu hampir bisa dipastikan akan diikuti satu paslon perorangan. Di Bukittinggi, satu-satunya pasangan ca­lon perorangan yang me­nyerahkan berkas du­ku­ngan ke KPU adalah pa­sangan Ramlan-Irwandi. Sementara di Kabupaten Tanah Datar yakni pasangan Erdison Mansyur-Sultaveri, dan di Kabupaten Li­ma­puluh Kota yakni pasangan Rifa Yendi-Zulhikmi.

Baca Juga : Sebelum Pemilihan, DPRD Paripurnakan Dua Calon Wawako Hasil Seleksi Pansus

Pasangan Ramlan Ir­wan­di, me­nye­rah­kan ber­kas dukungan sebanyak 12.­028 lembar kepada KPU Bu­kittinggi pada Kamis (11/6) lalu. Salah satu ala­san yang akhirnya me­man­tapkan lang­­kah pasangan Ramlan-Ir­wandi untuk ma­ju, adalah ha­sil survey dari lembaga res­mi tahun 2014, yang me­nyatakan bahwa ke­ter­pili­han Ramlan di Kota Bu­kittinggi di atas 50 per­sen.

“Dari hasil survey itu, ternyata warga Bukittinggi masih berkeinginan agar Ramlan bisa menjadi pe­mimpin di Bukittinggi. Jika nanti ditengah jalan ada partai politik yang ber­keinginan bergabung de­ngan Ramlan-Irwandi, kita menerima sebagai partai pendukung,” kata kon­sul­tan pasangan Ramlan- Ir­wandi, Indra.

Baca Juga : KPU Inhu Tetapkan Rezita dan Junaidi Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih

Ketua KPU Bu­kit­ting­gi, Lemmasrizal me­nga­takan, pada tanggal 23 Juni hingga 6 juli 2015, PPK dan PPS akan melakukan veri­fikasi faktual di lapangan, apakah dukungan itu bisa memenuhi syarat atau ti­dak. “Kita akan umumkan pendaftaran pasangan calon pada 14 Juli hingga 25 Juli 2015 mendatang. Pen­daf­taran pasangan calon itu sendiri akan dibuka pada 26 Juli hingga 28 Juli 2015,” katanya.

Sementara dari Tanah Datar, pasangan calon in­de­penden yang menyerahkan dukungannya ke KPU yak­ni pasangan Erdison Man­syur dan Sultaveri. Pa­sa­ngan ini, menyerahkan ber­kas persyaratan dukungan sebanyak 30.870.000 foto­copy KTP. Erdison beserta Sultaveri dan timnya tiba di KPU Tanah Datar pada sekitar pukul 15.00 WIB, Senin (15/6). Ketua KPU, Arwin saat menerima pen­daftaran ter­sebut menga­takan, KPU menerima pen­daftaran ca­lon dari per­seorangan ha­nya satu pa­sang. “Pen­daf­taran kita tu­tup pukul 16.00 WIB hari ini (kemarin red), berarti hanya satu pasang yang mendaftar pada Pil­kada periode 2015-2020 ini,” sebut Arwin.

Sementara dari Ka­bu­paten Limapuluh Kota, pe­nerimaan pendaftaran ba­kal calon Bupati dan Wakil Bu­pati jalur perorangan, KPU setempat juga me­nerima satu pasangan calon. Yakni pasa­ngan Rifa Yendi-Zulhikmi. “Sampai batas terakhir pe­nye­rahan doku­men du­ku­ngan pasangan calon ja­lur per­orangan, kita hanya me­ne­rima satu pa­sangan calon,” ujar Ismet Aljanatta, Ketua KPU Ka­bu­paten Li­ma­puluh Kota serta Ilham Yusardi Divisi publikasi KPU, Senin (15/6) kemarin.

Rifa Yendi-Zulhikmi didampingi beberapa tim pemenangan pasangan ter­sebut datang ke KPU dua jam sebelum ditutupnya pendaftaran. Yakni pada pukul 14.00 WIB. Pa­sa­ngan tersebut, turut mem­bawa satu Pick Up do­kumen dukungan mereka. “Dari awal, kita telah me­ngantongi sekitar 68ribu dukungan atau hampir 20 persen dari total penduduk Kabupaten Limapuluh Ko­ta,” ungkap Rifa Yendi.

Tetapi, saat penyerahan do­kumen ke KPU, pa­sa­ngan Rifa Yendi-Zulhikmi hanya menyerahkan seba­nyak 51.­224 dokumen du­ku­ngan yang tersebar di 13 keca­ma­tan se Kabupaten Lima­puluh Kota. “Se­ba­nyak 18­ribu do­ku­men du­ku­ngan yang telah ter­­kum­pul dicuri orang saat disim­­pan di se­kre­­­tariat kita. Si­sanya hanya 51.224 dan inilah yang kita daf­­tar­kan ke KPU. Alham­du­lilah, total du­k­ungan kita jauh melebihi jum­lah mini­mum yang di­harus­kan KPU,”­ jelasnya. (h/wan/ril/fma/ddg)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]