Pemprov Desak KPU Revisi Anggaran Pilgub


Senin, 15 Juni 2015 - 19:18:55 WIB

“Jika kita tetap ngotot dan paksakan pada jumlah maksimal yang kita perki­rakan, nanti bisa pingsan pemprov itu,” ujar Koor­ditator Divisi Teknis KPU Sumbar, Mufti Syarfie pada sosialisasi tahapan kepada parpol di Hotel Pangeran Beach Padang, Senin (15/6).

Untuk memenuhi per­min­taan pemprov, KPU akan mencatak alat peraga berdasarkan jumlah atau ukuran minimal. Seperti baliho pasangan calon, uku­ran maksimalnya 4x7 meter maka diperkecil menjadi 4x5 meter atau 3x6 meter.

Kalau dicetak sesuai ukuran maksimal, yakni 4 lebar dan tinggi 7 meter, dan KPU juga akan kesulitan  menetukan titik-titik pemasangannya.

“Baliho 5 lembar untuk masing-masing pasangan calon, dikali 19 kabupten/kota. Pembuatan Disain baliho diserahkan pada parpol dan calon sesuai selera masing-masing. Ha­sil disainnya diserahkan ke KPU, kemudian KPU men­cetak dan mem­perba­nyak­nya. Selanjutnya KPU langsung menyebarnya di beberapa zona di kabupten/kota yang akan ditentukan nanti,” ulasnya.

Begitu juga dengan span­duk yang harus dipasang 2 per pasangan calon dan disebar di setiap nagari atau desa, dikurangi menjadi 1 per calon. Demikian pula dengan, selebaran, dan slet yang harus dibagi untuk masing-masing kepala keluarga di Sumbar. Dengan mela­ku­kan pengurangan-pengu­rangan itu, maka jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk kampanye tidak ter­la­lu memberatkan APBD.

Dikatakan juga, khusus untuk baliho dan spanduk, KPU juga harus hati-hati dalam menentukan zona­nya. Zona yang dipilih KPU harus bisa mengakomodir seluruh baliho dan spanduk pasangan calon. Kalau sam­pai pemasangannya di pi­sah-pisah atara masing ca­lon, maka KPU pasti akan digugat karena merasa men­dapat perlakuan yang tidak adil, atau tebang pi­lih.

Ia juga menyampaikan tentang syarat dan cara pendaftaran pasangan calon dari parpol, soal re­ka­pi­tulasi jumlah kursi dan akumulasi suara sah parpol di Sumbar pada pemilu 2014, dan teknis pe­me­riksaan kesehatan pa­sangan calon.

Selain itu, juga ada tiga hal yang saling berkaitan antara pencalonan, kam­panye, dan aplikasi. Tentang aplikasi KPU sekarang su­dah tidak bisa mem­per­ketat atau sedikitenghambat informasi itu keluar. Ka­rena di KPU telah dibentuk plus untuk menyediakan informasi yang diatur oleh UU KI.(h/mg-rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 06:05:41 WIB

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menutup sementara jalur penerbangan Internasional sebagai upaya pencegahan Covid-19..
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 18:14:04 WIB

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar Pemprov Sumbar bakal mengembangkan pelabuhan Muaro Batang Arau menjadi ikon baru untuk menarik wisatawan dan menggairahkan roda perekonomian masyarakat. Pelabuhan yang merupakan jalur transit dari Eropa ke Jawa itu bakal disu.
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:31:48 WIB

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta 

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menutup tempat hiburan malam bermasalah tanpa menimbulkan polemik dan kegaduhan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pemko Padang..
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:31:48 WIB

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta 

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menutup tempat hiburan malam bermasalah tanpa menimbulkan polemik dan kegaduhan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pemko Padang..
  • Kamis, 22 Maret 2018 - 02:30:51 WIB
    SOAL MEGATHRUST

    BMKG Ingatkan Pemprov

    BMKG Ingatkan Pemprov PADANG, HALUAN — Ancaman gempa dahsyat belum surut di Sumbar mengingat potensi Megathrust Mentawai masih harus disikapi oleh Pemprov Sumbar.  Melihat kondisi itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  meng.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]