Menag Berharap, Tak Ada Sweeping


Senin, 15 Juni 2015 - 19:24:11 WIB

Menag mengatakan, ma­sya­rakat sudah semakin dewasa untuk tidak melaku­kan sweeping di rumah makan yang buka pada siang hari. Dengan kesadaran itu, masyarakat tidak akan mela­ku­kan aksi kurang simpatik dengan memaksa penutupan warung makan saat puasa.

“Kita sadari kedewasan umat Islam semakin baik sehingga tidak ada lagi cara kekerasan untuk (menja­lani) kewajiban agama kita,”­ kata dia.

Karena itu, kata Luk­man, sebaiknya umat Islam juga menghormati orang yang tidak puasa.

“Tidak sweeping itu juga untuk menghormati yang lain. Ada juga dari Muslim yang tidak ber­puasa. Tidak semua puasa, itu pun juga hak mereka, kita hormati,” ujar politisi PPP itu.

Lebih lanjut, Menag me­ngatakan, tutup tidaknya rumah makan merupakan kesadaran dari pemilik warung. “Kita serahkan pada kearifan masyarakat terkait rumah makan buka pada siang hari. Tidak perlu ada aturan dan paksaan,” kata Menag. (h/kcm)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 31 Oktober 2018 - 10:34:56 WIB

    Tingkatkan Layanan Haji, Leonardy Dukung Kemenag Sumbar Berinovasi

    Tingkatkan Layanan Haji,  Leonardy Dukung Kemenag Sumbar Berinovasi PADANG, HARIANHALUAN.COM- Inovasi pelayanan kepada Jemaah Haji yang diterapkan Kementerian Agama Sumatera Barat layak dijadikan percontohan nasional. Hal tersebut dikemukakan oleh anggota Komite III DPD RI Leonardy Harmainy .
  • Senin, 24 Agustus 2015 - 18:47:56 WIB

    Menag Lepas 5.000 Penerima Beasiswa Program Doktor

    JAKARTA, HALUAN — Men­­teri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin melepas penerima beasiswa program 5.000 doktor tahun 2015, di Kantor Kemen­terian Agama, Jakarta, Senin (24/8/2015).

    “Agar me.

  • Senin, 04 Mei 2015 - 19:10:00 WIB

    Menag: BPIH Masih Menunggu Keppres

    JAKARTA, HALUAN —  Kemenag belum menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2015 karena masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres). Diharapkan dalam minggu ini, Keppres segera ditandatangani sehingga bi.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]