Irman Gusman Minta Sumbar Bergegas


Senin, 15 Juni 2015 - 19:42:32 WIB
Irman Gusman Minta Sumbar Bergegas

Dalam acara yang diselenggarakan DPRD Sumbar itu, selain Irman, hadir pula beberapa pembicara lainnya. Yakni Staf Khusus Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Sonny Harry B. Harmadi, Wakil Rektor IV Universitas Andalas (Unand), Prof. Helmi dan Rektor Uni­versitas Bung Hatta (UBH) Prof Dr Niki Lukviarman. Hadir ikut menyaksikan simposium, ang­gota DPD RI asal Sumbar, Nofi Chandra dan Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim.

Baca Juga : Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Irman memaparkan daerah yang memiliki potensi alam yang besar seperti Sumbar tak perlu takut menghadapi MEA yang merupakan pasar bebas se-ASEAN. MEA akan menjadi pintu akses bagi Sumbar untuk meningkatkan perekonomian, hasil produksi barang akan berpeluang lebih banyak laku dijual ke negara-negara tetangga se-ASEAN, selain juga peluang kerja akan lebih banyak terbuka.

Sumbar, kata dia, memiliki sumber daya alam yang banyak dan produksi lain sehingga bisa dijual ke negara tetangga. Pun juga lokasi wisata yang tak kalah mempesona dari tempat-tempat wisata terkenal di dunia.

Baca Juga : Mantap! Rutan Anak Aia Padang Bagikan Baju Lebaran untuk WBP

“Tempat-tempat wisata Sum­bar tak kalah dengan tempat wisata di luar negeri yang sudah terkenal. Jadi coba potensi itu digali sehingga nanti bisa mem­bawa keuntungan,” ujarnya.

Salah satu contoh, tambah­nya, Sumbar punya Danau Ma­ninjau yang tak kalah indah dibanding Danau Jenewa di Swiss. Ada pula kawasan Man­deh yang tak kalah hebat dari wisata Raja Ampat di Papua. Selain itu sejumlah pantai terletak di tempat strategis de­ngan potensi yang dimiliki tak lebih indah dari Bali. Ia berharap potensi itu bisa dikelola dengan baik, sehingga bisa menda­tang­kan banyak turis.

Ketua DPRD Sumbar, Hen­dra Irwan Rahim dalam sam­butannya mengatakan untuk mendapatkan keuntungan dari MEA Sumbar harus menyiap­kan diri dan meningkatkan daya saing.

“Waktu pemberlakukan MEA sudah semakin dekat, selama ini kita seolah memper­siapkan diri, sehingga persiapan itu masih sangat jauh dari ha­rapan,” ujar Hendra.

Hendra berharap Simposium yang dilaksanakan hari itu bisa menjadi momen membangun­kan semua unsur lembaga peme­rintah pun non pemerintah dari tidur panjang. Sehingga bisa bersegera mempersiapkan diri.

Menurut Hendra setidaknya ada beberapa poin yang harus dilakukan, misalnya agar produk bisa laku di pasaran ASEAN maka kualitas dan mutu harus ditingkatan. Selain itu juga harus ada speksifikasi. Tenaga kerja pun harus meningkatkan kemam­puan dan keterampilan. Misalnya dengan meningkatkan pe­ngu­saan bahasa asing.  ”Yang tak kalah penting infrastruktur di  Sumbar harus  terus kita tin­g­katkan agar investor tertarik menanamkan modal,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk persiapan MEA  yang akan berlangsung tidak lama lagi ia mengatakan, DPRD akan me­ngajak Pemprov untuk bersegera melakukan aksi nyata, serta mem­buat perencanaan yang  jelas untuk menyambut era pasar bebas tersebut. (h/mg-len)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]