Penjualan Batu Nisan Menurun


Selasa, 16 Juni 2015 - 18:26:08 WIB

Ziarah kubur men­jelang puasa, merupakan berkah tersendiri bagi para penjual kembang dan wewangian, karena disaat ini mereka akan panen rezeki dari pen­jualan dagangan mereka, bahkan penjual batu ni­san­pun ikut merasakan manisnya rezeki dari para pembeli dan peme­san yang akan berziarah kemakam keluaraga me­reka.

Namun tidak dengan tahun sekarang, peng­rajin batu nisan yang dulunya meraup untung dari para penziarah, se­ka­rang malahan mereka gigit jari atau paceklik orderan semenjak tiga bulan terakhir.

Rosmadi salah seo­rang pengrajin batu nisan di Desa Pauh Barat Ke­camatan Pariaman Te­ngah, Kota Pariaman, mengatakan pada Ha­luan, untuk tahun ini semenjak tiga bulan je­lang ramadhan hingga sekarang penjualan batu nisan sepi pembeli, pada­hal lokasi pembuatan batu nisan miliknya ber­hadap-hadapan langsung dengan pemakaman umum milik VII Koto Nagari Air Pampan.

“Semenjak berusaha mencetak batu nisan dari tiga puluh tahun yang lalu, baru kali ini saya merasakan sepinya pem­beli jelang ramadhan, padahal para penziarah tidak berkurang setiap tahunnya, malahan ber­tambah, padahal batu nisan yang saya kerjakan secara manual ini di jual lebih murah dengan ku­alitas tetap bagus,” ungkap Rosmadi pada Haluan kemarin.

Ia juga menuturkan sebelum memburuknya situasi ekonomi indo­nesia, dalam satu hari ia mampu menjual 5-6 pa­sang, batu nisan kepada pembeli yang sudah dipesan dari jauh-jauh hari, oleh keluarga yang akan melakukan ziarah kubur.

Untuk harga Ros­ma­di menjual batu nisan yang berukuran sedang seharga Rp450.000/satu pasang, dan ukuran besar maksi­mal harganya Rp900.­000/pasang, meskipun harga yang dipatok untuk satu pasang batu nisan jauh lebih murah dari tempat yang lain, namun se­menjak beberapa ming­gu belakangan, dalam satu hari hanya terjual satu pasang.

“Kita sangat ber­ha­rap pada pemerintah, untuk segera memu­lihk­an keadan ekonomi ini secepat mungkin, karena yang paling terkena dam­pak macetnya pereko­nomian negara adalah masyarakt kecil, con­tohnya, saya ini, selain membuat batu nisan usa­ha sampingan hanya me­laut, namun cuacapun beberapa hari ini sering extrem, sementara kebu­tuhan 4 orang anak dan istri harus dipenuhi se­tiap hari, apalah daya sekarang usaha macet, melautpun cuaca tidak mengizinkan, “tutup Rosmadi mengeluhkan. (h/mg-man)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 Mei 2020 - 23:22:17 WIB

    Astaga..! Selama Pandemi Covid-19, Penjualan Sex Toy Meningkat Drastis

    Astaga..! Selama Pandemi Covid-19, Penjualan Sex Toy Meningkat Drastis Reuters melaporkan banyak sektor industri yang mengalami kerugian imbas kebijakan Lockdown selama Pandemi Covid-19, namun sex toy justru dicari banyak pembeli. .
  • Jumat, 19 Mei 2017 - 11:28:57 WIB

    Napi Kendalikan Penjualan 362 Gram Sabu di Sumbar

    Napi Kendalikan Penjualan 362 Gram Sabu di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Masuk penjara kekinian, seolah tak lagi menimbulkan efek jera bagi sebagian narapidana. Mahalan, dari balik jeruji besi, mereka masih melakukan tindak kejahatan. Hal tersebut terungkap dari ekspos.
  • Selasa, 10 November 2015 - 19:32:27 WIB

    Penjualan Daihatsu Tembus 140.723 Unit

    JAKARTA, HALUAN — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia berhasil meraih wholesales (pabriuk ke diler) 140.723 unit dan retailsales (diler ke konsumen) 137.

  • Ahad, 25 Oktober 2015 - 18:49:26 WIB

    Penjualan Calon Lele Induk Sangkuriang Turun 30 Persen

    PARIAMAN, HALUAN — Penjualan calon induk lele sangkuriang produksi BBI Kota Pariaman mengalami penurunan mencapai 30%. Penjualan tahun lalu, berbanding bulan yang sama Oktober ini sudah 4 ton, kini hanya baru mencapai 3 .

  • Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:08:18 WIB

    Penjualan Sepeda Motor Bekas Merosot

    PADANG, HALUAN — Merosotnya ekonomi Indonesia, berdampak langsung terhadap daya beli masyarakat. Arlen (28)  pemilik  Uni­que Motor, dealer se­peda motor bekas yang ada di Lapai, kepada Haluan (23/10) mengeluhkan pen.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]