Ribuan Warga Bakal Padati Potang Balimau


Selasa, 16 Juni 2015 - 18:29:35 WIB
Ribuan Warga Bakal Padati Potang Balimau

Potang Balimau yang turut disponsori oleh Bank Nagari ter­sebut, digelar di sepanjang sungai Batang Maek, Jorong Pasar Usang, Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru persis di pinggir jalan Nasional Sumbar-Riau pada Rabu (17/6) sekitar pukul 15.00 Wib. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, tradisi Potang Balimau di Pangkalan ini tetap menjadi tontonan ribuan masya­rakat yang datang dari berbagai daerah,” ujar Inru Dt Patukak Ketua Umum Potang Balimau kepada Haluan, Selasa (16/6) kemarin.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Untuk mensukseskan ajang Potang Balimau, kata putra asli Pangkalan tersebut, saat ini panitia tengah mempersiapkan fasilitas pendukung. “Hampir seluruh mas­yarakat Pangkalan, saling ber­gotong royong untuk persiapan Potang Balimau yang digelar Rabu (17/6) siang,”katanya bersama panitia lainnya M. Iqbal serta Dt Mangkuto Sinaro.

Ungkapnya, pada Potang Bali­mau tahun ini, kekompakan mas­yarakat serta anak nagari Pangkalan jauh lebih meningkat dibandingkan pada penyambutan tahun-tahun sebelumnya. “Dari anak-anak hing­ga orang tua, saling berbaur untuk menyiapkan Potang Balimau. Se­luruh elemen masyarakat saling bahu-mambahu  bersemangat demi suksesnya Potang Balimau ini,” jelas mereka.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Dijelaskan Dt Padukan,  M. Iqbal serta Dt Mangkuto Sinaro, untuk meriahkan Potang Balimau kali ini, turut digelar sejumlah pertandingan anak nagari. Seperti  pacu sampan dan bimbau atau lomba hias perahu. Setidaknya, ada 33 sampan  yang akan saling berpacu. “Untuk sekali lepas, ada 3 sampan. Kita telah menyiapkan 10 race dengan total 33 sampan,” ujarnya lagi.

Selain itu, pada tradisi bimbau, bakal ada 9 sampan yang disatukan  menjadi 3   kelompok. Kemudian, sampan-sampan tersebut  dihias sedemikian rupa dan akhirnya dilepas untuk mengikuti aliran sungai Batang Maek.

Sementara, Wakil Bupati Lima­puluh Kota, Asyirwan Yunus yang juga putra asli Pangkalan tersebut menjelaskan, Potang Balimau me­ru­pakan  tradisi untuk saling bersilaturahmi antara masyarakat Pangkalan Koto Baru dalam me­nyambut bulan suci Ramadhan.

Selain itu, dalam Potang Bali­mau, juga dilakukan mandi ber­sama oleh masyarakat di sepanjang sungai Batang Maek dalam men­sucikan diri sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

Untuk menyambut tradisi anak nagari Pangkalan yang rutin digelar semenjak 1800 tahun lalu itu, para perantau sengaja pulang kampung. “Potang Balimau,merupakan  mo­men penting oleh masyarakat un­tuk saling bersilaturahmi. Antar masyarakat dikampung dan pe­rantau saling bertemu dan bermaaf-maafan dalam menyambut bulan suci Ramadhan,”jelas Asyirwan Yunus.

Tetapi, semenjak beberapa tahun terakhir ini, katanya, ajang Potang Balimau semakin ber­kembang sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi  wisata Kabu­paten Limapuluh Kota. Tak hanya dinikmati masyarakat Pangkalan saja, Potang Balimau melainkan sudah menjadi tontonan masya­rakat Sumbar serta propinsi lain­nya. “Selain perantau sukses yang sengaja pulang kampung untuk  menyak­sikan Potang Balimau, beberapa tokoh Sumbar lainnya seperti Mus­lim Kasim, Shadiq Pasadigoe, Bu­pati Alismarajo, Ketua DPRD Safaruddin  dan sejumlah  deretan nama lainnnya bakal turut ha­dir,”jelas Asyirwan Yunus.

Secara terpisah, Kapolres Lima­puluh Kota, AKBP Tri Wahyudi mengatakan, demi suksesnya tra­disi Potang Balimau, setidaknya puluhan personil kepolisian dike­rahkan untuk menjaga keamana Potang Balimau.  “Ada sekitar 50 personil kepolisian yang terdiri dari personil gabungan Polsek Pang­kalan serta Polres Limapuluh Kota. Kita harap, Potang Balimau kali ini, berjalan lancar dan kondusif,” ujarnya. (h/ddg)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]