BPBD Kota Solok Siagakan Personel TRC dan Damkar


Selasa, 16 Juni 2015 - 18:31:28 WIB

Menurut Ade Edward, berdasarkan kajian dan seja­rah kegempaannya, wilayah Solok Selatan dan Pasaman sudah memasuki periode ulangan. Karena gempa yang terjadi pada Sabtu 13 Ap­ril 2015 lalu itu berada di seg­men Suliti, patahan Sumatera yang dikenal de­ngan gempa Muara Labuh. Gempa Muara Labuh ter­akhir terjadi pada tahun 1943 dengan magnitude diatas 7 skala Richter. Jika terjadi gempa pada segmen Suliti, diprediksi akan ber­kekuatan 7,4 SR.

Menurut Ade Edward pula, ujung utara segmen Suliti berada di Danau di Atas dan Danau di Bawah dengan lebar  zona 4 kilo­meter. Potensi kuat gempa maksimum pada segmen ini sekitar 7,4 SR. Jalur sege­men Suliti ini meliputi dari Alahan Panjang, Surian, Muara Labuh dan Gunung Ke­rinci. Panjangnya sekitar 90 kilometer.

“Karena jalur  segmen Suliti ini sangat berdekatan dengan Kota Solok,maka BPBD Kota Solok tak mau mengambil risiko. Maka dari awal pihak BPBD telah mensiagakan 46 personel yang terdiri dari 18 personel TRC dan 26 personel Dam­kar untuk mengurangi risiko bencana jika gempa susulan itu benar benar terjadi,” kata Ori Affilo.

Lebih jauh Ori Affilo mengatakan,disiagakannya 44 personel TRC dan Personel Damkar ini tidak hanya se­kedar mengan­tisip­a­si ke­mung­kinan terjadinya ben­cana karena gempa. Me­lainkan lebih memberikan rasa aman kepada masya­rakat dalam menjalani iba­dah puasa serta mengan­tisipasi kemung­kinan terja­dinya bencana karena angin putting beliuang dan tanah lonsor. Agar usaha memi­ni­mal­kan risiko ben­cana berjalan maksi­mal, pihak BPBD Kota Solok telah melakukan ko­ordinasi dengan pihak Ke­polisian, RAPI, TNI, SAR, Tagana dan organisasi pen­cinta alam.

Ditambahkan Ori Af­filo, dalam pengaturan tu­gas­nya, anggota Rescue TRC dan Relawan Damkar akan dibagi menjadi tim-tim siaga. Dimana tim-tim ter­se­but akan melak­sanakan dua tugas pokok, yakni bersiaga di pos yang telah ditentukan dan berpatroli disekitar  permukiman masyara­kat di 13 kelurahan yang ada di Kota Solok. (h/eri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]