Koalisi ‘Limapuluh Kota Bermartabat’ Siap Tempur


Selasa, 16 Juni 2015 - 18:33:01 WIB

Kesepakatan koalisi tersebut, tertuang dalam naskah perjanjian kerjasama antara DPC Partai Demokrat Limapuluh Kota de­ngan DPC Partai Bulan Bintang Nomor: 01/DPC.PD-DPC.PBB/KB-LK/NPKS/VI/2015, ditan­datangani masing-masing ketua dan sekretaris partai, yakni Darman Sahladi-Dedi Haryanto (Demokrat) dan Hardinata-Hardedi (PBB).

Penandatanganan kesepaka­tan koalisi dua partai tersebut, dilangsungkan dihadapan No­taris H. Edy Suriansyah, SH, MBA, MKn, Selasa (16/6), ber­tempat di kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Lima­puluh Kota. Untuk memperkuat koalisi tersebut, kedua belah pihak juga membuat beberapa poin perjanjian terkait proses Pilkada.

“Dengan berkoalisi ini, kami dari Partai Demokrat dan PBB akan mencari figur calon bupati dan wakil bupati yang bermar­tabat. Meski sudah ada kese­kapatan koalisi antara Partai Demokrat dan PBB, namun koalisi yang diberi nama ‘Koalisi Limapuluh Kota Bermartabat’ ini tidak menutup diri untuk menerima partai lain untuk bergabung. Dengan catatan wajib mematuhi perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani oleh DPC Partai Demokrat dan PBB,”  kata Darman Sahladi dan Hardinata.

Menurut Hardinata, nama-nama figur bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung nanti, tidak terlepas dari nama-nama figur bakal calon yang sudah mendaftar ke Partai Demokrat dan PBB. “Sekarang kita belum bicara calon, tapi selesaikan dulu koalisi. Soal balon, pasangan yang akan kita tetapkan nanti, sesuai dengan mekanisme yang telah dite­tapkan dalam perjanjian dan kesepatan yang telah ditan­datangani,” tegas Hardinata.

Hal senada diungkapkan Darman Sahladi. Menurutnya, saat ini, sedang menggelar survey terhadap sejumlah nama yang sebelumnya telah mendaftar ke PD. Diantara nama itu adalah, Darman Sahladi, Dedi Heri­yanto, Irfendi Arbi, Rifa Yendi, Asyirwan Yunus dan sejumlah nama lainnya. “Kita akan putus­kan pasangan balon sesuai de­ngan hasil survey dan kesepa­katan nantinya. Siapapun orang­nya, adalah yang terbaik,” ujar Hardedi.

Koalisi Golkar-PBB

Sementara di Kabupaten Agam, Partai Golkar dan Partai Bulan Bintang (PBB), juga telah resmi membangun koalisi dalam menghadapi Pilkada Agam, Desember 2015 mendatang. Meski demikian, mereka tidak menutup kemungkinan adanya tambahan partai lain yang ber­gabung dengan koalasi tersebut.

Ketua DPD Partai Golkar Agam, Lazuardi Erman saat peresmian koalisi, di kantor DPD Golkar Agam, menga­takan, kedua belah pihak sudah menemui kata sepakat mem­bangun koalisi. Saat ini koalisi akan merumuskan bagaimana teknis penjaringan, dan kuali­fikasi para bakal calon yang mendaftar.

“Alhamdulillah, tanpa proses yang panjang partai Golkar dan PBB sudah sepakat. Koalisi ini sudah permanen, meskipun kita juga mempertimbangkan sekira­nya ada partai lain yang bakal bergabung,” katanya.

Ia menjelaskan, terjalinnya koalisi dengan PBB tidak lepas dari perjalanan historis dimana Golkar dan PBB sudah pernah bekerjasama sebelumnya dalam pelaksanaan pilkada. Selain itu keterbukaan dan kemampuan kedua belah pihak untuk mena­han diri dan tidak pernah ber­sikeras mencalonkan orang-orang tertentu.

“Dalam membangun Koalisi Partai Golkar dan PBB belum tidak pernah mengemukakan, atau membicarakan siapa bakal calon yang diusung. Kita sepakat yang lebih diutamakan saat ini adalah kepastian kendaraan politik.

Golkar dan PBB siap meme­nangkan pilkada dan ber­komit­men membangun Agam jauh lebih baik,” imbuh Ketua DPD PBB, Muhammad Rozi. Dika­takan, koalisi dua partai ini diharapkan bisa menjadi langkah yang strategis dalam me­nyong­song pilkada. Menurut­nya, Gol­kar dan PBB sepakat akan mem­buka pendaftaran, bakal calon kepala daerah Senin depan. (h/nto/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 11:56:13 WIB

    Diundang ke Rakerda Gerindra Sumbar, Sinyal Koalisi Mulyadi dengan Nasrul Abit..?

    Diundang ke Rakerda Gerindra Sumbar, Sinyal Koalisi Mulyadi dengan Nasrul Abit..? PADANG, HARIANHALUAN.COM - Rakerda Partai Gerindra Sumbar, Sabtu (15/2) malam di Hotel Mercure Padang terasa berbeda. Selain kader partai berlambang burung Garuda yang memenuhi ruangan, tampak seorang pria berjaket biru Ketua.
  • Selasa, 17 September 2019 - 16:31:24 WIB

    Koalisi Masyarakat Sumbar Tolak Revisi UU KPK

    Koalisi Masyarakat Sumbar Tolak Revisi UU KPK PADANG, HARIANHALUAN.COM - Koalisi Masyarakat Sumbar menggelar aksi "Tolak Revisi UU KPK," bertempat di Lapangan Convention Hall Unand Limau Manis, Selasa (17/9). Aksi tersebut diikuti oleh guru besar, akademisi, mahasiswa Un.
  • Senin, 22 Juni 2015 - 18:28:17 WIB

    Indra Catri Pendaftar Pertama di Koalisi Golkar-PBB

    AGAM, HALUAN —Pe­ta­hana Bupati Agam, Indra Catri, mendaftar pada ha­ri pertama pembukaan pen­daftaran bakal calon kepala daerah yang dibuka koa­lisi Partai Golkar dan Par­tai Bulan Bintang (PBB.

  • Senin, 08 Juni 2015 - 18:59:10 WIB

    Koalisi 50 Bangkit Rekrut Saksi Pilkada

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Un­­tuk men­suk­ses­kan pro­ses Pe­milihan Ke­pada Dae­rah, te­ru­tama dari segi penga­wasan, Koa­lisi 50 Ba­ng­kit mulai me­rekrut tim untuk saksi. Tak tang­gung-.

  • Rabu, 20 Mei 2015 - 19:41:10 WIB

    Asyirwan Yunus Tersingkir dari Koalisi 50 Bangkit

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Proses seleksi penjaringan bakal calon Bupati Limapuluh Kota dari Koalisi 50 Bangkit, terus berlanjut. Setelah seleksi tahap I dan II yang dilakukan beberapa waktu lalu, rangkaian seleksi tahap I.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]