Pengelolaan Rusunawa Jadi Temuan BPK


Selasa, 16 Juni 2015 - 18:40:09 WIB

Dikatakannya, kepada 15 persen penghuni yang tidak memiliki label dan masih ada yang bermasalah diberi tenggat waktu hingga Jumat (19/6). Sebelum di­beri peringatan terakhir atau disuruh pindah, peng­huni yang bermasalah ter­sebut sudah diberikan surat peringatan hingga tiga kali.

“Memang masih ada yang bermasalah sekitar 15 persen dari jumlah peng­huni 196 kamar,” jelasnya.

Sebelumnya Rusunwa Purus tersebut juga ber­masalah, karena ada 20 kamar yang berpenghuni ‘siluman’ dan tidak ter­daftar, sehingga uang sewa­nya tidak masuk ke Pemko Padang. Persoalan tersebut terjadi pada penghuni yang tidak tepat sasaran, karena masih ada orang yang be­rada (kaya,red) tinggal di perumahan rakyat tersebut.

“Rusunawa ini awal pe­nge­­lolaannya sudah ber­ma­salah, sehingga kita ke­su­sa­han untuk mem­ber­sih­kannya. Sekarang ini, kita berusaha mengelola ru­su­nawa dengan memberi la­bel, mendata de­ngan baik penghuni, sehingga tidak jadi temuan BPK ke de­pan­nya,” tandas Afrizal.

Rusunawa Ditempati ‘Orang Gila’

Terpisah, Kepala UP­TD Rusunawa, Sahur­man mengatakan, saat ini ada satu penghuni rusunawa yang tidak ‘waras’ (gila,red) bernama Santi Dewi. Me­nurut Sahurman, penghuni tersebut memang masih bertingkah seperti orang biasa yang bisa mengontrol diri sendiri, seperti mandi.

“Tetapi, menurut kete­rangan orangtua Santi De­wi, anaknya itu memang tidak waras dan tidak bisa diajak untuk bekerja sama. Dalam waktu dekat, kami akan menindak atau me­min­dah­kan dia, sehingga penge­lolaan rusunawa be­nar tepat sasaran,” kata Sahurman.

Sahurman tidak bisa ber­cerita banyak kondisi Santi Dewi yang se­benar­nya. Ka­rena, memang tidak ada per­nya­taan medis, ha­nya per­nya­taan keluarganya saja. Demi membersihkan peng­huni ru­su­nawa, maka semua peng­huni harus tepat sasaran. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 06:01:44 WIB

    Perumda PSM Ambil Alih Pengelolaan Pantai Air Manis

    Perumda PSM Ambil Alih Pengelolaan Pantai Air Manis HARIANHALUAN.COM -- Perusahaan Umum Daerah Padang Sejahtera Mandiri (Perumda PSM) mengambil alih pengelolaan objek wisata berbayar Pantai Air Manis (PAM). Dengan begitu, segala kewajiban salah satu ikon wisata terkenal dengan.
  • Jumat, 25 Januari 2019 - 10:35:13 WIB

    Pengelolaan Hutan Malvinas Belum Dianggarkan

    Pengelolaan Hutan Malvinas Belum Dianggarkan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hutan Delta Malvinas yang terletak di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, direncakan akan dijadikan empat fungsi, yakni edukasi, pariwisata, olahraga dan promosi. Namun, pada tahun ini DLH .
  • Rabu, 10 Mei 2017 - 13:29:39 WIB

    Pengelolaan Arsip di Kota Padang Kurang Maksimal

    Pengelolaan Arsip di Kota Padang Kurang Maksimal PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pengelolaan arsip pada tiap-tiap unit kerja di Pemko Padang belum maksimal. Hal itu disebabkan kurangnya sumber daya manusia (SDM) dan belum adanya pembinaan kearsipan internal pada tiap-tiap organi.
  • Senin, 20 Maret 2017 - 19:39:18 WIB

    Pemko akan Tertibkan Pengelolaan Pulau-pulau di Padang

    PADANG, HALUAN - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi, menyampaikan soal pulau-pulau yang tidak mempunyai izin akan segera ditertibkan. Saat ini, beberapa pihak terkait sedang mencari alamat pengelo.
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 07:07:21 WIB

    UBH Adakan Seminar Pengelolaan Keuangan Desa

    UBH Adakan Seminar Pengelolaan Keuangan Desa PADANG, HALUAN—Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta (UBH) mengadakan “Workshop Penge­lolaan Keuangan Desa” di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi Gedung 3 Blok A Kam­pus Proklamator II UBH, kemarin (18/.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]