Stok Elpiji Cukup untuk 20 Hari


Selasa, 16 Juni 2015 - 18:45:26 WIB

Ia juga mengatakan, floting kapal saat ini meru­pakan bagian jangka panjang Per­tamina membangun tang­ki elpiji sendiri untuk Sum­bar pada tahun depan, dan ini juga merupakan pro­gram jangka panjang yang sudah di­ren­canakan oleh perta­mina.  “Untuk semen­tara ini kita floatingkan kapal dan begitu habis akan me­ngam­bil lagi, rencana tahun depan kita akan mem­ba­ngunkan tangki sendiri de­ngan ka­pasitas yang sama dengan ka­pal, sehingga nanti kapal tidak perlu lagi bersan­dar,” ujarnya. Semen­tara itu untuk pe­ning­katan kosumsi epiji, ia me­ngakui sebenarnya sudah mulai te­rasa sepekan se­be­lum Ramadan, dan nan­tinya akan dirasakan kembali saat 3 hari sebelum Ramadan. Na­mun lonjakan yang terjadi tidak terlalu signifikan, kare­na saat ini masih tergantung pada jum­lah tabung yang beredar, dan lonjakan bisa terjadi, jika ada tambahan droping tabung.

Selain itu pihak per­ta­mina juga telah berkor­dinasi dengan pemerintah daerah, apakah perlu per­tamina me­­­­­­la­kukan operasi pasar untuk elpiji, namun de­mi­kian ia sudah me­nyiap­kan pasokan jika ada lon­jakan permintaan baik itu pro­vinsi maupun kabupaten kota.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) se­lama Ramadan dan men­jelang Hari Raya Idul Fitri mendatang, Pertamina akan melakukan ‘Stock Build Up’ dan juga membentuk Tim Satgas khusus yang akan bertugas 2 minggu sebelum dan sesudah lebaran.

Tim itu, akan me­mo­nitor stok yang ada di semua SPBU setiap pagi, kemudian diatur jam pengiriman su­paya nanti di spbu tidak terjadi ke­ku­rangan dan ke­kosongan. SP­BU wajib juga melaporkan jam 07.00 WIB pada Perta­mina, jadi se­belum stok habis BBM nya sudah diantarkan.

Ditambahkan juga, ber­dasarkan pengalaman tahun lalu, lonjakan mencapai 10 persen dari normal namun cendrung terjadi hanya un­tuk bahan bakar jenis Pre­mium, sedangkan Solar ma­lah me­nga­lami penurunan karena sektor industri biasa­nya sudah meliburkan pekerja, dan tidak terlalu banyak menggunakan solar. (h/mg-rin)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 23:24:09 WIB

    Hasil Panen 4.731 Ton, Stok Beras Padang Aman Sampai Juli

    Hasil Panen 4.731 Ton, Stok Beras Padang Aman Sampai Juli PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dinas Pangan Kota Padang memprediksi ada sekitar 4.731 ton beras akan dihasilkan dari panen padi di Bulan Mei ini. Panen kali ini akan menjamin ketersediaan dan harga beras akan stabil sampai setela.
  • Kamis, 09 Maret 2017 - 09:01:16 WIB

    Kamis Ini, Aliran Air PDAM Terganggu. Persiapkan Stok Air Anda

    Kamis Ini, Aliran Air PDAM Terganggu. Persiapkan Stok Air Anda PADANG, HALUAN – Pelayanan air bersih PDAM Kota Padang untuk pelanggan pusat kota akan mengalami gangguan mulai pukul 21.00 wib malam ini, Kamis (9/3). Gangguan disebabkan adanya pekerjaan perbaikan di intake Kampung Koto..
  • Kamis, 09 Juni 2016 - 03:43:02 WIB
    Pascarusuh Di TBBM Teluk Kabung

    20 Persen SPBU Kehabisan Stok

    20 Persen SPBU Kehabisan Stok PADANG, HALUAN — Se­hari pascakerusuhan yang terjadi di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Te­luk Kabung, operasional TBBM sudah kembali nor­mal. Meski sempat terhenti selama lebih kurang 20 jam, namun sejak Rabu (8/6) p.
  • Rabu, 08 Juni 2016 - 15:33:44 WIB

    Stok Premium dan Pertamax di Sawahlunto Habis

    Stok Premium dan Pertamax di Sawahlunto Habis SAWAHLUNTO, HALUAN- Dampak dari tidak dioperasikannya terminal bahan bakar minyak (TBBM) Teluk Kabung akibat terjadinya kerusuhan di arela filling point TBBM teluk kabung, Selasa (7/6).Stok bahan bakar di dua SPBU di Sawahlun.
  • Senin, 11 Januari 2016 - 03:39:17 WIB
    Pj Dua Bupati Belum Dilantik

    Stok Pejabat Pemprov Terbatas

    PADANG, HALUAN — Belum dilantiknya Penjabat (Pj) Bupati Agam dan Limapuluh Kota hingga saat ini untuk menjaga ketersediaan pejabat di Pemprov Sumbar. Apabila tetap dipaksakan untuk mengirim pejabat provinsi untuk menjadi Pj.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM