Stok Elpiji Cukup untuk 20 Hari


Selasa, 16 Juni 2015 - 18:45:26 WIB
Stok Elpiji Cukup untuk 20 Hari

Ia juga mengatakan, floting kapal saat ini meru­pakan bagian jangka panjang Per­tamina membangun tang­ki elpiji sendiri untuk Sum­bar pada tahun depan, dan ini juga merupakan pro­gram jangka panjang yang sudah di­ren­canakan oleh perta­mina.  “Untuk semen­tara ini kita floatingkan kapal dan begitu habis akan me­ngam­bil lagi, rencana tahun depan kita akan mem­ba­ngunkan tangki sendiri de­ngan ka­pasitas yang sama dengan ka­pal, sehingga nanti kapal tidak perlu lagi bersan­dar,” ujarnya. Semen­tara itu untuk pe­ning­katan kosumsi epiji, ia me­ngakui sebenarnya sudah mulai te­rasa sepekan se­be­lum Ramadan, dan nan­tinya akan dirasakan kembali saat 3 hari sebelum Ramadan. Na­mun lonjakan yang terjadi tidak terlalu signifikan, kare­na saat ini masih tergantung pada jum­lah tabung yang beredar, dan lonjakan bisa terjadi, jika ada tambahan droping tabung.

Baca Juga : Padang Aktifkan Kembali Kampung Nelayan untuk Tempat Karantina Covid-19

Selain itu pihak per­ta­mina juga telah berkor­dinasi dengan pemerintah daerah, apakah perlu per­tamina me­­­­­­la­kukan operasi pasar untuk elpiji, namun de­mi­kian ia sudah me­nyiap­kan pasokan jika ada lon­jakan permintaan baik itu pro­vinsi maupun kabupaten kota.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) se­lama Ramadan dan men­jelang Hari Raya Idul Fitri mendatang, Pertamina akan melakukan ‘Stock Build Up’ dan juga membentuk Tim Satgas khusus yang akan bertugas 2 minggu sebelum dan sesudah lebaran.

Baca Juga : Pemuda Villa Indah Padang Bagi-bagi THR, Pakai Cara Tak Biasa

Tim itu, akan me­mo­nitor stok yang ada di semua SPBU setiap pagi, kemudian diatur jam pengiriman su­paya nanti di spbu tidak terjadi ke­ku­rangan dan ke­kosongan. SP­BU wajib juga melaporkan jam 07.00 WIB pada Perta­mina, jadi se­belum stok habis BBM nya sudah diantarkan.

Ditambahkan juga, ber­dasarkan pengalaman tahun lalu, lonjakan mencapai 10 persen dari normal namun cendrung terjadi hanya un­tuk bahan bakar jenis Pre­mium, sedangkan Solar ma­lah me­nga­lami penurunan karena sektor industri biasa­nya sudah meliburkan pekerja, dan tidak terlalu banyak menggunakan solar. (h/mg-rin)

BERITA POPULER Index »


BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]