Tiga Paslon Perorangan Gugur


Rabu, 17 Juni 2015 - 18:08:35 WIB
Tiga Paslon Perorangan Gugur

Informasi yang berhasil dihimpun Haluan menye­butkan, pasangan Zulher­man-Syafri Dt. Siri Marajo hanya memperoleh duku­ngan suara dengan lampiran Kartu Tanda Penduduk (KTP)­ sah sebanyak 15.­039 KTP (4,05 persen). Selan­jutnya pasangan Luk­man-Adriwal sebanyak 21.­042 (5,66 persen) dan pasa­ngan Wahidup-Mevrizal seba­nyak 24.266 (6,53 persen).

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Dengan demikian, tiga paslon dari jalur inde­pen­den yang sama-sama me­nye­rah­kan dukungan di hari tera­khir itu, dinya­takan gugur. Sejatinya, waktu penyerahan dukungan ca­lon perorangan yang dite­tapkan tanggal 11 hingga 15 Juni lalu, bisa diman­faat­kan oleh masing-masing pasangan calon un­tuk me­lengkapi keku­rangan syarat dukungan, sebelum dilaku­kan ferivi­kasi faktual ke lapangan.

“Kandidat dari jalur independen yang akan lulus tahapan pencalonan, wajib didukung se­banyak 8,5 per­sen suara. Un­tuk Kabu­paten So­lok, kan­di­dat jalur ini seren­dah-ren­dah­nya ha­rus me­ng­an­tongi 31.587 duku­ngan masyarakat,” pa­par Divisi Sosialisasi KPU Kabu­pa­ten Solok, Jons Ma­nedi, Rabu (17/6).

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Menurut Jons, keteta­pan ini telah dikunci de­ngan SK:24/kpts/kpu-kab-003.­434591/2015, yang di­te­­tapkan dalam rapat pleno KPU Kabupaten Solok pa­da Selasa (16/6) malam. De­ngan de­mikian, di­pas­tikan untuk Pil­kada Kabu­paten So­lok, tidak paslon dari jalur inde­penden.

“KPU me­nung­g­u pen­daf­taran dari pasangan yang diusung par­pol.

Sebab, un­tuk perorangan tidak ada lagi jadwal pen­daftaran,” kata Jons.

Terkait itu, salah satu kandidat calon wakil bu­pati dari jalur perorangan Syafri Dt Siri Marajo, me­ngaku pasrah dengan kete­tapan KPU tersebut.

Na­mun de­mi­kian, pi­hak­nya tetap op­timis un­­tuk bisa maju dari jalur parpol pada pilkada men­datang. “Ada dorongan dari kawan-ka­wan untuk maju dengan parpol. Saya pikir tidak masalah,” kata Syafri. (h/ndi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]