Bobol Rumah, Dua Tersangka Diringkus Polisi


Rabu, 17 Juni 2015 - 18:30:34 WIB

Informasi yang dihimpun Haluan, tersangka IR dan Macho telah melakukan aksi pencurian di kawasan Jundul Rawang sebanyak tujuh TKP. Bersamanya, polisi berhasil mengamankan bersama barang bukti satu unit handpone Nokia C2 warna putih, camera digital merek Nikon warna putih, satu PS2 warna hitam yang ditempeli stiker, dua buah stik PS warna hitam, satu unit handpone Blackberry warna ping, celengan yang berisikan uang sebesar Rp280.000 dan satu buah map kuning yang berisikan kertas bon. Semua barang bukti tersebut, baru satu TKP dengan nama korban Nora yang juga merupakan warga Jundul Rawang.

Menurut Boneng kepada petugas, ia bersama Macho sudah biasa berkoordinasi melakukan pencurian di daerah sekitar Jundul Rawang. Pada Kamis (11/6), dia bersama Macho melakukan pencurian di rumah Nora. Pencurian yang sudah direncanakan tersebut terjadi pada pukul 02.00 WIB.

Strategi yang dilakukan adalah pergi untuk mensurvei di sekitar rumah korban menggunakan sepeda motor Beat warna hitam.  Saat itu juga, mereka telah menyiapkan alat untuk digunakan dalam pencurian berupa satu buah besi runcing dengan gagang warna hitam panjang lebih kurang 40 cm, satu buah obeng dengan panjang lebih kurang 20 cm.

Kemudian Macho masuk ke rumah Nora dengan cara memanjat tembok pagar depan, sedangkan ia menunggu di luar memperhatikan orang sekitar. Setelah itu, Macho membongkar jendela rumah korban sampai terbuka semuanya dan meletakkannya di atas mobil korban yang sedang terparkir di depan rumahnya.

Setelah jendela terbuka, barulah Macho masuk dan leluasa mengambil barang-barang milik korban yang sedang terlelap tidur. Setelah puas mengambil barang-barang yang diinginkannya, langsung bergegas pergi meninggalkan lokasi. Tindakan tersebut ia lakukan setiap malam pada tujuh TKP. Adapun barang bukti lainnya berupa sepeda, televisi LCD, camera digital dengan beberapa tipe mulai dari camera saku hingga camera tercanggih, medali dan laptop.

Sementara Kapolsek Padang Selatan Kompol Sukirman mengatakan, tersangka Boneng merupakan hasil pengembangan terhadap tersangka Macho. Kedua tersangka sudah banyak melakukan tindakan pencurian di kawasan Jundul, sehingga sudah meresahkan masyarakat sekitar.

“Dalam penangkapan tersangka tidak ada tindakan perlawanan. Menurut pengakuannya, mereka mencuri di tujuh TKP dan semua barang bukti sudah kita sita. Satu lemari, penuh dengan barang bukti kedua tersangka ini,” ujar Sukirman.

Dikatakannya, saat ini polisi masih melakukan penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut untuk kasus curat tersebut. Kemudian kedua tersangka tersebut akan dikenakan pasal 363 (1) ke 3e, 4e, 5e Jo 362 KUHP. (h/mg-win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 22 April 2017 - 02:46:48 WIB

    Kantor Camat Koto Tangah Dibobol Maling

    Kantor Camat Koto Tangah Dibobol Maling PADANG, HALUAN -- Meskipun berada di sebelah kantor Polsek Koto Tangah, pelaku pencurian tetap nekad mencuri di Kantor Camat Koto Tangah. Akibat dari kejadian tersebut, satu unit laptop jenis Sony milik Kasubag Umum Camat Kot.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]