Anggaran Pengamanan Pilkada Belum Ada


Rabu, 17 Juni 2015 - 18:33:50 WIB

“Karena pengawasan ya­ng dilakukan pihak ke­po­lisian bukan hanya saat dila­kukan pemilihan, na­mun saat tahapan KPU di­mu­lai, disitu juga di­mulai pekerjaan Bawaslu dan pi­hak penga­manan atau ke­polisian,” ujar Komisioner Divisi Hukum KPU Sum­bar Nurhaida Yetti usai menghadiri pertemuan tersebut.

Nurhaida juga men­jelas­kan, untuk KPU sendiri ang­garannya sudah dapat di­cairkan termasuk juga de­ngan Bawaslu. Tapi tidak begitu dengan Polda yang hingga kini belum ada ke­jelasan untuk pengamanan Pilkada.

“Kami ini bekerja kan sa­ling terkait, misalnya Bawaslu akan bekerja ke­tika sudah dimulai tahapan atau pekerjaan KPU, begitu juga dengan pihak pe­nga­ma­nan kalau KPU dan Ba­wa­slu sudah jalan tugasnya, tentu perlu pengamanan dari pihak kepolisian,” ulasnya.

Artinya, kalau KPU dan Bawaslu sudah mulai be­kerja dengan tahapannya, tapi Polda sendiri belum bisa memulai, tentu jadi persoalan.

“Nah dalam pertemuan tadi pihak Polda meminta segera diberi kejelasan dan tin­dak­lanjuti soal ang­garan­nya, su­pa­ya ia juga dapat bergerak,” ujarnya.

Dalam pertemuan ter­sebut turut hadir oleh be­be­rapa orang ko­misioner KPU Sum­bar beserta ja­jaran­nya, dan Bawaslu Su­m­bar serta be­berapa orang utusan dari pe­merintahan provinsi (Pem­­prov) Sumbar.

Terpisah, Kepala Biro Pe­merintahan Setdaprov Sum­bar Mardi mengatakan, un­tuk pe­nga­manan Pilkada, akan di­ma­sukkan pada AP­BD Peru­bahan 2015. Belum di­ang­gar­kannya kegiatan pe­nga­manan di APBD awal, karena pada saat itu pe­nga­juan dari Polda juga belum jelas.

“Berbeda dengan KPU dan Bawaslu yang sudah me­nga­jukan dari awal. Tapi yang jelas untuk penga­manan tetap ada dan kami masukkan di APBD peru­bahan. Bersamaan dengan penambahan anggaran un­tuk kampanye yang diaju­kan oleh KPU,” ucap Mardi.

Mardi juga menjelaskan, saat ini pengajuan dari Polda sudah je­las dan akan mulai dibahas di ra­pat tim anggaran provinsi da­erah (TAPD) ber­sama DPRD akhir Juni mendatang. (h/mg-rin/eni)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]